·     Ekspedisi seri kedua ini bertujuan untuk mempromosikan kebudayaan lokal, menggunakan Datsun GO dan GO+ Panca yang performanya telah terbukti

·     Sulawesi Selatan adalah seri terakhir dari rangkaian ekspedisi yang sebelumnya digelar di Aceh, Lampung, Malang, dan Cirebon.

·     Datsun donasikan buku, dan risers mengajar anak-anak melalui “Program Kelas Inspirasi”

Makassar, 20 Maret 2017 – PT Nissan Motor Indonesia bersama Datsun menjelajahi keindahan alam dan kebudayaan Sulawesi Selatan dalam seri terakhir Datsun Risers Expedition 2 (DRE) pada 20-23 Maret 2017. Datsun mengawali ekspedisi tersebut pada tahun 2015, dan sukses menempuh lebih dari 15.000 kilometer serta mengunjungi 150 kota sepanjang Indonesia. Di tahun kedua ini, ekspedisi berlanjut di Nanggroe Aceh Darussalam, Lampung, Jawa Timur (Malang), Jawa Barat (Cirebon), dan minggu ini di Sulawesi Selatan (Makassar).

 

Head of Marketing Datsun Indonesia Christian Gandawinata mengatakan bahwa Sulawesi Selatan merupakan salah satu dari beberapa tempat indah di Indonesia yang sesuai untuk menguji performa Datsun melalui ekspedisi. “Sulawesi Selatan memiliki segalanya. Mulai dari ‘surga tersembunyi’ hingga tradisi yang masih tetap terjaga selama beberapa abad, semua merupakan tempat yang sempurna untuk merasakan performa mobil Datsun. Saya yakin bahwa ketangguhan mesin, performa kuat, dan suspensi yang nyaman akan membantu para risers untuk menghadapi rute menantang yang kita lewati.”

 

Datsun Risers Expedition 2 di Sulawesi Selatan diawali dengan Datsun Karnaval – pentas kebudayaan yang menghadirkan beragam aktivitas untuk keluarga – yang diadakan di Pantai Losari pada 19 Maret. Keberangkatan rombongan ekspedisi dilakukan pada 20 Maret dari Datsun Latimojong, salah satu dari 112 dealer Datsun yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

Selama ekspedisi, risers akan menjelajahi tempat-tempat berikut:

-       Fort Rotterdam, benteng peninggalan Kerajaan Gowa dari abad ke-17 yang berdiri megah di pantai barat Makassar

-       Rammang-Ramang, Maros, area karst terbesar kedua di dunia

-       Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, yang dijuluki sebagai “Kingdom of Butterflies” oleh naturalis asal Inggris, Alfred Russel Wallace, yang menjadi simbol keindahan Pulau Sulawesi

-       Kunjungan sosial di mana Datsun mendonasikan buku dan risers mengajar anak-anak setempat di “Kelas Inspirasi Datsun”

-       Tana Beru, Bulukumba, untuk mengenal Pinisi, kapal layar khas tradisional Indonesia yang dibuat dengan tangan oleh Suku Bugis

-       Pantai Tanjung Bira, termasuk pulau Liukang Loe, di mana risers berkesempatan untuk mengunjungi penangkaran penyu

-    Menyimak Sinrilik, karya sastra berbentuk prosa dari Makassar yang bercerita mengenai kepahlawanan, serta dibawakan dengan atau tanpa iringan lagu. Sinrilik akan ditampilkan oleh Sanggar Sirajuddin, yang didirikan oleh almarhum Sirajuddin, seorang maestro Sinrilik

 

“Melalui ekspedisi ini kami ingin membuktikan keandalan Datsun sebagai partner dalam menjelajahi ‘surga tersembunyi’ di Indonesia. Selain itu kami juga berharap agar seluruh pengalaman ini dapat memberikan inspirasi bagi para risers untuk tergerak membantu melestarikan budaya dan keindahan alam Indonesia,” tutup Christian.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Datsun Risers Expedition, silakan kunjungi: www.datsun.co.id/dre

-SELESAI-

Tentang Datsun

Nissan Motor Co., Ltd. mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ketiga, bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012. Datsun mempersembahkan pengalaman berkendara berkelanjutan bagi pelanggan berjiwa muda dan optimis di dalam pasar yang kian berkembang dengan pesat. Datsun mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan. Mobil Datsun dijual di India, Indonesia, Rusia, dan Afrika Selatan sejak tahun 2014.

Sejarah Datsun

Datsun diperkenalkan pertama kali di Jepang sebagai DAT-GO (mobil DAT) hampir seabad lalu di 1914. Kata DAT bermakna ‘secepat sambaran petir’ dalam bahasa Jepang, namun kata tersebut juga merujuk pada tiga orang penyokong usaha pada saat itu  yaitu Messrs. Den, Aoyama dan Takeuchi – akronim yang diambil dari huruf pertama setiap nama. Menggunakan logika yang sama, mobil tersebut juga dimaknai Durable (Memiliki tingkat ketahanan tinggi), Attractive (Menarik) dan Trustworthy (Dapat dipercaya), atau disingkat DAT. Di tahun 1933, pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, mengambil alih usaha dengan visi “mobilitas untuk semua”. Maka, diperkenalkanlah mobil berbobot ringan, ekonomis namun memiliki fleksibilitas tinggi untuk memenuhi aspirasi kaum muda Jepang di awal tahun 1930-an yang diberi nama ‘son of DAT’ (anak laki-laki DAT) – Datson – yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal mewujudkan impian sang bapak pendiri.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Datsun Indonesia, silahkan mengunjungi www.datsun.co.id, twitter @id_datsun, dan Facebook Datsun Indonesia.

Tentang PT. Nissan Motor Indonesia

Didirikan pada tahun 2001, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) beroperasi dalam bidang penjualan dan suku cadang resmi untuk Nissan, Datsun, dan Infiniti di Indonesia. NMI memiliki dua pabrik perakitan di Purwakarta, Jawa Barat, dengan kapasitas produksi tahunan hingga 250.000 unit. NMI juga telah memiliki 121 dealers di seluruh Indonesia.

Informasi lebih lanjut mengenai Nissan, silakan kunjungi situs www.nissan.co.id, Twitter @NissanID dan Facebook @NissanZoneIndonesia

Informasi lebih lanjut mengenai Datsun, silakan kunjungi situs www.datsun.co.id, Twitter @ID_Datsun dan Facebook @Datsun.Indonesia

Tentang Yayasan 1001Buku

Komunitas 1001buku merupakan organisasi nirlaba jaringan relawan dan pengelola taman bacaan anak. Berangkat dari keprihatinan atas kurangnya ketersediaan akses atas bahan bacaan bagi anak-anak Indonesia, 1001buku melakukan pengumpulan dan pendistribusian bahan bacaan anak, serta penguatan taman bacaan melalui penyediaan sarana pengembangan kreativitas anak dari masyarakat.

Sejalan dengan perkembangannya, 1001buku memfasilitasi penguatan taman-taman bacaan anak yang tergabung dalam Jaringan Taman Bacaan Anak 1001buku melalui pengembangan kapasitas, penyediaan materi dan acara yang dibutuhkan, agar Taman Bacaan menjadi lebih berkelanjutan. 1001buku juga melakukan kampanye-kampanye literasi dan memperkokoh jiwa kerelawanan di seluruh nusantara.

Tentang Gerakan Nasional Orang Tua Asuh

Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GN-OTA) merupakan sebuah inisiatif nasional untuk membantu ribuan anak Indonesia agar dapat meneruskan pendidikannya. Dengan bergabung dan menjadi orang tua asuh, Anda dapat turut serta membantu agar seorang anak tetap dapat bersekolah sekaligus menyediakan landasan yang lebih kuat untuk masa depan yang lebih baik.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

R. I. Hana Maharani                                     

Head of Communications

PT. Nissan Motor Indonesia

P: (021) 858 2323

F: (021) 858 4912

E: hana.m@nissan.co.id

 

Tri Wahyudi Sujana

Maverick

P: (021) 7278 9833

M: 0813 8993 2907

E: tri@maverick.co.id