Pengiriman compact cross-over baru dan model unggulan Datsun kepada pelanggan akan dimulai pada Maret nanti

PURWAKARTA, 31 Januari 2018 – Datsun hari ini memulai produksi pertama dari model unggulan barunya, Datsun CROSS, di pabrik Nissan Motor Indonesia di Purwakarta, Jawa Barat. Produksi pertama ini menandai fase penting lainnya dalam perjalanan Datsun, setelah pada 18 Januari lalu meluncurkan model ketiganya di Indonesia, Datsun CROSS.

Dikembangkan untuk Indonesia, Datsun CROSS memperluas pilihan bagi pelanggan; cross-over yang multi-fungsi, yang menyenangkan untuk dikendarai dan dilengkapi CVT, serta beragam teknologi keselamatan yang mumpuni.

"Datsun CROSS resmi mulai diproduksi untuk pelanggan Indonesia dengan pengiriman pertama pada Maret nanti," kata Eiichi Koito, Presiden Direktur, PT Nissan  Motor Indonesia “ Dimulainya produksi Datsun CROSS adalah momen penting bagi kami, karena merupakan tonggak sejarah untuk Datsun.”

Datsun CROSS akan diproduksi di pabrik Nissan Motor Indonesia di Purwakarta, Jawa Barat, yang berdiri di lahan dengan luas sekitar 35 hektar dan didukung oleh sekitar 2.400 karyawan. Pabrik ini juga memproduksi mobil Datsun GO+ dan GO Panca dan sejumlah model Nissan yang dijual di Indonesia.

Pabrik Nissan Motor Indonesia ini sudah menerapkan sistem produksi global, Nissan Production Way, di mana proses manufaktur dan pengecekan kualitas yang dilakukan akan menghasilkan produk berkualitas baik sesuai standard global Nissan. 

“Dibalik setiap mobil Datsun CROSS adalah kerja keras dan dedikasi tinggi untuk memastikan kualitas manufaktur yang bermutu tinggi. Saya mengapresiasi hasil kerja keras ribuan karyawan di pabrik ini dan juga di jaringan pemasok kami, sehingga Datsun CROSS bisa mulai diproduksi”, ujar Fumitoshi Yoshikawa, Vice President Manufacturing PT Nissan Motor Indonesia.

Model unggulan ini merupakan pencipta segmen baru, yang menawarkan berbagai fitur unggulan, antara lain X-Tronic CVT, dan fitur keselamatan canggih seperti VDC untuk semua kelas, yang terdiri atas anti-lock brakes (ABS), electronic brake distribution with brake assist (EBD), traction control
(TCS), brake-limited slip differential (B-LSD), dan juga dua buah kantung udara depan, sistem pemberi peringatan sabuk pengaman dan lampu depan otomatis. 

Cross-over pertama Datsun ini dikembangkan oleh tim dari berbagai negara, antara lain para insinyur Indonesia dan Jepang, yang bekerja sama untuk mengembangkan Datsun CROSS dengan mempertimbangkan situasi berkendara di Indonesia, seperti body cladding dan perlindungan di bagian bawah bodi untuk melindungi dari kemungkinan kerusakan akibat lumpur dan pecahan batu.

Selain itu, Datsun CROSS memiliki ground clearance setinggi 200 milimeter, dan pelek 15 inci, dengan ban yang khusus dikembangkan dari senyawa karet yang memberi kinerja yang lebih baik dan hemat. 

-SELESAI-

Tentang Datsun

Nissan Motor Co., Ltd. mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ketiga, bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012. Datsun mempersembahkan pengalaman berkendara berkelanjutan bagi pelanggan berjiwa muda dan optimis di dalam pasar yang kian berkembang dengan pesat. Datsun mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan. Mobil Datsun dijual di India, Indonesia, Rusia, dan Afrika Selatan sejak tahun 2014.

 

Sejarah Datsun

Datsun diperkenalkan pertama kali di Jepang sebagai DAT-GO (mobil DAT) hampir seabad lalu di 1914. Kata DAT bermakna ‘secepat sambaran petir’ dalam bahasa Jepang, namun kata tersebut juga merujuk pada tiga orang penyokong usaha pada saat itu yaitu Messrs. Den, Aoyama dan Takeuchi – akronim yang diambil dari huruf pertama setiap nama. Menggunakan logika yang sama, mobil tersebut juga dimaknai Durable (Memiliki tingkat ketahanan tinggi), Attractive (Menarik) dan Trustworthy (Dapat dipercaya), atau disingkat DAT. Di tahun 1933, pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, mengambil alih usaha dengan visi “mobilitas untuk semua”. Maka, diperkenalkanlah mobil berbobot ringan, ekonomis namun memiliki fleksibilitas tinggi untuk memenuhi aspirasi kaum muda Jepang di awal tahun 1930-an yang diberi nama ‘son of DAT’ (anak laki-laki DAT) – Datson – yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal mewujudkan impian sang bapak pendiri. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Datsun Indonesia, silahkan mengunjungi www.datsun.co.id, twitter @id_datsun, dan Facebook Datsun Indonesia.

  

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

 

R. I. Hana Maharani

Head of Communications

PT. Nissan Motor Indonesia

P: (021) 858 2323

F: (021) 858 4912

E: hana.m@nissan.co.id