Datsun GO-cross Concept

29 Oktober 2015 (Yokohama, Jepang) – Hanya berselang setahun sejak kembalinya brand Datsun, kini Datsun tengah mencari peluang ekspansi di pasar dengan pertumbuhan tinggi seperti Afrika, Timur Tengah, Asia Tenggara, dan lainnya.

 

Berita tersebut diumumkan pada sebuah acara istimewa yang dilangsungkan di Nissan Global Headquarters, bertepatan dengan perayaan satu tahun penjualan di Afrika Selatan, pasar keempat yang menjadi lokasi utama penjualan produk Datsun. Acara tersebut menampilkan presentasi tentang ‘Kisah Kembalinya Brand Datsun’ di hadapan media internasional yang mengunjungi Tokyo Motor Show.   

 

Setelah hampir tiga dekade sejak nama Datsun terakhir kali digunakan, kembalinya Datsun diumumkan pada tahun 2012 dan mobil-mobil pertamanya pun mulai dipasarkan di India pada bulan Maret 2014. Sejak itu, total sudah lebih dari 100.000 unit mobil Datsun terjual di India, Indonesia, Rusia, dan Afrika Selatan.

 

Vincent Cobee, Global Head Datsun, berkata: “Hari ini adalah hari yang istimewa bagi Datsun. Kami telah berhasil mengakhiri tahap pertama sejak kembalinya Datsun, dan kami bangga karena brand ini telah memfasilitasi 100.000 orang konsumen meraih mimpi mereka untuk memiliki mobil pribadi. Tepatnya, jumlah unit mobil yang sudah terjual sejak Datsun GO diluncurkan di India pada bulan Maret 2014 adalah 114.000 unit. Rencana ekspansi kami meliputi pertumbuhan penjualan dan jaringan pelayanan secara berkelanjutan di keempat wilayah pemasaran dan memperluas penawaran hingga tiga tipe produk di India. Di sana, kami akan memperkenalkan tipe mobil yang sama sekali baru di awal 2016 – tipe mobil Nissan Motor pertama yang dibuat berdasarkan kolaborasi arsitektur Renault-Nissan Alliance CMF-A.”

 

“Kami juga sedang mempelajari kemungkinan bisnis yang lebih besar di pasar dengan pertumbuhan tinggi lainnya di seluruh dunia, dari ASEAN hingga Afrika dan Timur Tengah, begitu pula dengan Amerika Latin,” ujar Cobee.

 

Ia menambahkan: “Apapun yang terjadi selanjutnya, filosofi utama Datsun, yaitu ‘Dream, Access, Trust’ akan senantiasa mempengaruhi fase berikutnya dari perjalanan brand kami.

Salah satu puncak acara di perhelatan tersebut adalah peluncuran mobil konsep terbaru Datsun; mobil konsep kedua setelah peluncuran pendahulunya 17 bulan lalu. Datsun GO-cross Concept menampilkan visi brand untuk kemungkinan ekspansi Datsun GO/GO+ di pasar dengan pertumbuhan tinggi.   

 

Mobil konsep ini menawarkan crossover dengan jiwa dan sensasi penuh petualangan. Datsun GO-cross Concept dapat diandalkan untuk menjalani rutinitas keseharian, dan tetap penuh energi saat tiba waktunya berlibur maupun beraktivitas di akhir pekan. Meskipun masih murni sebagai konsep, Datsun GO-cross Concept yang futuristik – jika diluncurkan ke pasar – merupakan mobil sempurna yang mampu diandalkan para pemiliknya dalam menempuh perjalanan hidup, sehingga mereka dapat ‘GO’ lebih jauh lagi.

 

Datsun GO-cross Concept diciptakan dengan platform yang sama dengan Datsun GO+ dan mengadaptasi desain sejumlah fitur ikoniknya. Namun, ia merupakan evolusi signifikan yang mengukuhkan filosofi Datsun dalam menawarkan sesuatu yang baru, seru, dan inovatif.

 

  • Dalam rangka memperingati pencapaian terjualnya 100.000 unit Datsun dan juga untuk mengungkapkan rasa terima kasih dan hormat kepada konsumen, Datsun menghadirkan kampanye istimewa di bulan Agustus 2015. Para konsumen baru di keempat negara tempat dipasarkannya Datsun diundang untuk berbagi kisah tentang bagaimana kehidupan mereka berubah dengan kehadiran Datsun. Penulis kisah terbaik dari setiap negara akan diundang untuk menghadiri acara di Yokohama, dan Datsun akan menerbitkan buku mengenai keberhalisan ini beserta kisah orang-orang yang berhasil meraih mimpi mereka berkat kembalinya brand Datsun.  

- SELESAI -

Tentang Datsun

Nissan Motor Co., Ltd. mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ketiga, bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012. Datsun mempersembahkan pengalaman berkendara berkelanjutan bagi pelanggan berjiwa muda dan optimis di dalam pasar yang kian berkembang dengan pesat. Datsun mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan. Mobil Datsun akan mulai dijual di India, Indonesia, dan Rusia pada tahun 2014.

 

Sejarah Datsun

Datsun diperkenalkan pertama kali di Jepang sebagai DAT-GO (mobil DAT) hampir seabad lalu di 1914. Kata DAT bermakna ‘secepat sambaran petir’ dalam bahasa Jepang, namun kata tersebut juga merujuk pada tiga orang penyokong usaha pada saat itu  yaitu Messrs. Den, Aoyama dan Takeuchi – akronim yang diambil dari huruf pertama setiap nama. Menggunakan logika yang sama, mobil tersebut juga dimaknai Durable (Memiliki tingkat ketahanan tinggi), Attractive (Menarik) dan Trustworthy (Dapat dipercaya), atau disingkat DAT. Di tahun 1933, pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, mengambil alih usaha dengan visi “mobilitas untuk semua”. Maka, diperkenalkanlah mobil berbobot ringan, ekonomis namun memiliki fleksibilitas tinggi untuk memenuhi aspirasi  kaum muda Jepang di awal tahun 1930-an yang diberi nama ‘son of DAT’ (anak laki-laki DAT) – Datson – yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal mewujudkan impian sang bapak pendiri.