JAKARTA, 25 September, 2018 – Nissan hari ini mengumumkan penunjukan Isao Sekiguchi sebagai presiden direktur baru untuk Nissan Motor Indonesia, efektif per 01 Desember 2018. Sekiguchi akan berbasis di Jakarta, dan akan melapor pada Vincent Wijnen, senior vice president & head of sales & marketing, Nissan Motor Asia Pacific. Vincent akan mengambil tanggung jawab bersama untuk menyediakan dukungan interim yang diperlukan.

Eiichi Koito, presiden direktur Nissan Motor Indonesia saat ini, akan kembali ke perusahaan induknya, Mitsubishi Motors, untuk mengambil peran yang penting di kantor pusat mereka di Jepang.

Dalam peran barunya, Sekiguchi akan bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi bisnis guna memaksimalkan kinerja Nissan secara keseluruhan, mengelola pengenalan produk, dan secara signifikan meningkatkan kehadiran serta aksesibilitas merek Nissan dalam mengejar ambisi untuk menjadi pemain utama di sektor otomotif di Indonesia. Ia juga akan bertanggung jawab atas pengelolaan manufaktur di Indonesia.

“Isao Sekiguchi memiliki catatan kinerja tinggi yang konsisten dan pengalaman luas di industri otomotif dan di Nissan. Saya senang memiliki pemimpin kuat seperti dia bergabung dengan kami untuk mempercepat kemajuan Nissan di pasar yang dinamis seperti Indonesia,” kata Yutaka Sanada. 

Sekiguchi bergabung dengan Nissan pada tahun 2014, dan bertugas di Afrika, Timur Tengah, dan wilayah India. Saat ini beliau menjabat sebagai regional vice president, dengan tanggung jawab utama untuk menciptakan dan menerapkan strategi untuk mencapai pertumbuhan jangka menengah, sekaligus mengeksplorasi peluang dengan mitra aliansi (Renault dan Mitsubishi Motors) di wilayah itu. Sebelumnya, ia menjabat sebagai managing director untuk Nissan Afrika Utara, dan Mesir, untuk mengawasi strategi serta kinerja keseluruhan termasuk pabrik di Kairo. Sebelum bekerja di Nissan, ia bekerja di perusahaan perdagangan besar di Jepang, Sumitomo Corp, selama 20 tahun, di sektor bisnis otomotif.

Sekiguchi memiliki gelar master Administrasi Bisnis dari Darden Business School, University of Virginia, dan gelar sarjana Hubungan Internasional dari University of Tsukuba.

-SELESAI-

Tentang Datsun

Nissan Motor Co., Ltd. mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ketiga, bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012. Datsun mempersembahkan pengalaman berkendara berkelanjutan bagi pelanggan berjiwa muda dan optimis di dalam pasar yang kian berkembang dengan pesat. Datsun mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan. Mobil Datsun dijual di India, Indonesia, Rusia, dan Afrika Selatan sejak tahun 2014.

 

Sejarah Datsun

Datsun diperkenalkan pertama kali di Jepang sebagai DAT-GO (mobil DAT) hampir seabad lalu di 1914. Kata DAT bermakna ‘secepat sambaran petir’ dalam bahasa Jepang, namun kata tersebut juga merujuk pada tiga orang penyokong usaha pada saat itu yaitu Messrs. Den, Aoyama dan Takeuchi – akronim yang diambil dari huruf pertama setiap nama. Menggunakan logika yang sama, mobil tersebut juga dimaknai Durable (Memiliki tingkat ketahanan tinggi), Attractive (Menarik) dan Trustworthy (Dapat dipercaya), atau disingkat DAT. Di tahun 1933, pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, mengambil alih usaha dengan visi “mobilitas untuk semua”. Maka, diperkenalkanlah mobil berbobot ringan, ekonomis namun memiliki fleksibilitas tinggi untuk memenuhi aspirasi kaum muda Jepang di awal tahun 1930-an yang diberi nama ‘son of DAT’ (anak laki-laki DAT) – Datson – yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal mewujudkan impian sang bapak pendiri. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Datsun Indonesia, silahkan mengunjungi www.datsun.co.id, twitter @id_datsun, dan Facebook Datsun Indonesia.

  

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

 

R. I. Hana Maharani

Head of Communications

PT. Nissan Motor Indonesia

P: (021) 858 2323

F: (021) 858 4912

E: hana.m@nissan.co.id