Posted: 11 Januari 2016

●     DRE: Ekspedisi jarak jauh pertama dan satu-satunya di Indonesia yang digelar oleh produk Low Cost Green Car (LCGC)

●     Sambil menguji ketangguhan Datsun GO+ Panca, risers diajak menikmati pesona ‘Pulau Seribu Sungai’

SAMARINDA, 11 Januari 2016 PT Nissan Motor Indonesia (NMI), melalui brand Datsun Indonesia, hari ini melepas rombongan peserta Datsun Risers Expedition (DRE) yang akan melanjutkan ekspedisi gelombang III di Kalimantan. Dibagi dalam 3 etape, sebanyak 5 unit Datsun GO+ Panca dan 45 risers akan terlibat selama ekspedisi ini. Etape pertama akan menempuh rute Balikpapan - Samarinda – Berau mulai tanggal 11 hingga 15 Januari 2016. Perjalanan akan dilanjutkan dengan etape kedua pada 19-21 Januari 2016 dengan rute Balikpapan - Banjarmasin. Gelombang III akan diakhiri dengan etape ketiga yaitu Pontianak – Entikong – Pontianak pada 26-29 Januari 2016.

Indriani Hadiwidjaja selaku Head of Datsun Indonesia mengatakan, “Melalui DRE gelombang I di Jawa-Bali-Lombok dan gelombang II di Sulawesi, kami telah berhasil melewati 86 kota, menempuh jarak lebih dari 6.500 km dan mendonasikan ribuan buku. Di awal tahun 2016, kami kembali melanjutkan ekspedisi dengan mengajak risers terpilih untuk mengeksplorasi kekayaan wisata alam dan budaya Kalimantan melalui gelombang III yang akan mengunjungi belasan destinasi wisata yang tersebar di sejumlah kota yang dilalui.”

Dalam etape pertama DRE gelombang III, sebanyak 15 risers akan berkonvoi mengendarai 5 mobil Datsun dari Balikpapan menuju Samarinda kemudian ke Berau. Selain berkesempatan mengunjungi dealer Datsun, para risers juga akan singgah di sejumlah destinasi alam dan budaya yang menarik seperti Rumah Dayak Miau Baru, Pulau Derawan, serta Pulau Kakaban. Seperti DRE sebelumnya, para risers kembali akan dilibatkan dalam kegiatan CSR berupa pemberian buku bacaan dan alat tulis serta melakukan beragam aktifitas yang dapat menginspirasi para murid di SDN 001 Miau Baru Kutai Timur.

 

Ekspedisi Datsun Risers Expedition merupakan rangkaian perjalanan inspiratif menjelajahi Indonesia yang akan menempuh lebih dari 10.000 KM dengan melibatkan 500 risers dalam konvoi puluhan mobil Datsun melewati ratusan kota di puluhan provinsi di Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan dan Sumatera. Kegiatan DRE dimulai sejak Mei 2015 – bertepatan dengan perayaan satu tahun peluncuran brand Datsun di Indonesia. Sesuai dengan semangat brand Datsun yaitu Dream - Access - Trust, melalui DRE, Datsun ingin lebih mendekatkan diri dengan konsumen di Indonesia dengan cara memberikan kesempatan kepada risers untuk menguji ketangguhan Datsun GO+ Panca; mengenal luasnya jaringan dealer Datsun di seluruh Indonesia; serta mengajak risers untuk terlibat langsung dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Datsun.

“Datsun berharap dapat mengukir momen yang berkesan bersama para risers di sepanjang 3.000 km yang akan kami tempuh di DRE gelombang III. Kami juga berharap dengan digelarnya ekspedisi ini, dapat meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap wisata Nusantara. Karenanya, kami mengajak para risers untuk membantu memperlihatkan eksotisme alam & budaya Pulau Kalimantan ke masyarakat luas melalui media sosial.” tutup Indriani.

Keseruan para risers peserta DRE dapat diikuti melalui berbagai cerita, foto dan video perjalanan yang diunggah di media sosial Datsun Indonesia, seperti twitter @ID_Datsun dan www.datsunrisersexpedition.com

-SELESAI-

Tentang Datsun

Nissan Motor Co., Ltd. mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ketiga, bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012. Datsun mempersembahkan pengalaman berkendara berkelanjutan bagi pelanggan berjiwa muda dan optimis di dalam pasar yang kian berkembang dengan pesat. Datsun mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan. Mobil Datsun akan mulai dijual di India, Indonesia, dan Rusia pada tahun 2014.

 

Sejarah Datsun

Datsun diperkenalkan pertama kali di Jepang sebagai DAT-GO (mobil DAT) hampir seabad lalu di 1914. Kata DAT bermakna ‘secepat sambaran petir’ dalam bahasa Jepang, namun kata tersebut juga merujuk pada tiga orang penyokong usaha pada saat itu  yaitu Messrs. Den, Aoyama dan Takeuchi – akronim yang diambil dari huruf pertama setiap nama. Menggunakan logika yang sama, mobil tersebut juga dimaknai Durable (Memiliki tingkat ketahanan tinggi), Attractive (Menarik) dan Trustworthy (Dapat dipercaya), atau disingkat DAT. Di tahun 1933, pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, mengambil alih usaha dengan visi “mobilitas untuk semua”. Maka, diperkenalkanlah mobil berbobot ringan, ekonomis namun memiliki fleksibilitas tinggi untuk memenuhi aspirasi  kaum muda Jepang di awal tahun 1930-an yang diberi nama ‘son of DAT’ (anak laki-laki DAT) – Datson – yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal mewujudkan impian sang bapak pendiri.

 

Tentang PT. Nissan Motor Indonesia

PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) didirikan pada tahun 2001, beroperasi dalam bidang penjualan, distribusi, juga suku cadang resmi Nissan, serta menjalankan layanan purna jual di Indonesia. NMI menghadirkan rangkaian produk yang kompetitif dengan segmen kendaraan terlengkap. Di akhir tahun fiskal 2014, NMI berhasil meraih penjualan 53.960 unit dengan pangsa pasar 4,7%. Saat ini NMI memiliki 116 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia dan memiliki pabrik di Purwakarta, Jawa Barat dengan kapasitas produksi 90.000, dan akan terus meningkat hingga 250.000 pada tahun 2016, yang diiringi dengan peningkatan jumlah pekerja mencapai 3.300.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

R. I. Hana Maharani                                         

Head of Communications

PT. Nissan Motor Indonesia

P: (021) 858 2323

F: (021) 858 4912

E: hana.m@nissan.co.id

 

Silmy Kania Dewi

PRODIGY PR

P: (021) 2567 5790

F: (021) 2567 5890

E: Silmy@bornprodigy.com