Mr. Masato Nakamura, Head of Datsun Indonesia berfoto bersama Tommy Airbrush di display mobil Datsun GO PI

Jakarta, 11 Agutus 2017 - Datsun memperkenalkan edisi khusus terbatas Datsun GO PI (Persatuan Indonesia) di GIIAS (GAIKINDO Indonesia International Auto Show) 2017 Jakarta.

Dengan menggunakan basis Datsun GO T-Active, edisi khusus terbatas Datsun GO PI dirancang dengan dukungan dan kolaborasi bersama Tomi Airbrush, sebuah perusahaan modifikasi asal Indonesia. Tomi Airbrush mengajukan konsep tersebut di kontes modifikasi Datsun X-plore Your Style 2016, dimana Tomi Airbrush menjadi pemenang dari kompetisi tersebut. “PI” dalam Datsun GO PI merupakan kependekan dari “Persatuan Indonesia”. Tomi Airbrush mengusulkan nama tersebut untuk mencerminkan keragaman dari kesenian tradisional Indonesia, sebuah kekayaan yang diwariskan pada generasi modern. Harapannya, nama tersebut mengingatkan kesadaran bagi kaum muda akan perlunya bersatu demi melindungi dan melestarikan warisan nasional.

Sebuah teknik pewarnaan kain, atau kain yang disebut dengan batik adalah salah satu bentuk seni yang paling dikenal di Indonesia. Batik memiliki sejarah panjang dimana beragam pola telah diciptakan dan dipengaruhi oleh berbagai budaya. Minat terhadap seni batik telah berkembang pesat akhir-akhir ini, terutama setelah UNESCO menobatkan batik sebagai Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity.

Tampilan dalam Datsun GO PI

Saat ini sedang marak di seluruh dunia sebuah tren mengaplikasikan sentuhan personal atau mengubah bentuk secara spesifik dari barang milik pribadi, termasuk kendaraan. Tak terkecuali pasar yang dinamis seperti di Indonesia dimana banyak generasi berjiwa muda dan bersemangat untuk mengekspresikan diri dalam berbagai hal termasuk mobil, desain, dan budaya.

Oleh karena itu, Datsun mengambil keputusan untuk membuat Datsun GO PI Limited Edition berawal dari inspirasi konsep yang diajukan oleh Tomi Airbrush pada kompetisi Datsun X-plore Your Style 2016. Mobil ini dikembangkan dengan dukungan Tomi Airbrush yang pada kesempatan ini dipamerkan di GIIAS 2017.

Bagian luar dari Datsun GO PI menunjukkan sebuah desain mewah dengan paduan cantik dari pola batik dari berbagai penjuru Indonesia dengan dominasi warna merah. Datsun GO PI mengaplikasikan teknik scratch design yang menghasilkan efek alumunium. Selain dari warna bagian luarnya yang unik, mobil tersebut menawarkan jok kulit sintetik yang sudah dikustom, signature grille dengan aksen merah, serta badge edisi khusus terbatas dalam balutan airbrush edisi khusus dan alloy wheel 15 inci berwarna hitam dengan aksen merah.

Pengunjung booth Datsun dapat memesan mobil edisi terbatas ini yang hanya tersedia sebanyak 5 unit selama ajang GIIAS 2017 dengan harga 148,4 juta rupiah (on-the-road Jakarta).

- SELESAI -

Tentang Datsun

Nissan Motor Co., Ltd. mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ketiga, bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012. Datsun mempersembahkan pengalaman berkendara berkelanjutan bagi pelanggan berjiwa muda dan optimis di dalam pasar yang kian berkembang dengan pesat. Datsun mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan. Mobil Datsun dijual di India, Indonesia, Rusia, dan Afrika Selatan sejak tahun 2014.


Sejarah Datsun

Datsun diperkenalkan pertama kali di Jepang sebagai DAT-GO (mobil DAT) hampir seabad lalu di 1914. Kata DAT bermakna ‘secepat sambaran petir’ dalam bahasa Jepang, namun kata tersebut juga merujuk pada tiga orang penyokong usaha pada saat itu yaitu Messrs. Den, Aoyama dan Takeuchi – akronim yang diambil dari huruf pertama setiap nama. Menggunakan logika yang sama, mobil tersebut juga dimaknai Durable (Memiliki tingkat ketahanan tinggi), Attractive (Menarik) dan Trustworthy (Dapat dipercaya), atau disingkat DAT. Di tahun 1933, pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, mengambil alih usaha dengan visi “mobilitas untuk semua”. Maka, diperkenalkanlah mobil berbobot ringan, ekonomis namun memiliki fleksibilitas tinggi untuk memenuhi aspirasi kaum muda Jepang di awal tahun 1930-an yang diberi nama ‘son of DAT’ (anak laki-laki DAT) – Datson – yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal mewujudkan impian sang bapak pendiri.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Datsun Indonesia, silahkan mengunjungi www.datsun.co.id, twitter @id_datsun, dan Facebook Datsun Indonesia.


For further information, please contact:
R. I. Hana Maharani
Head of Communications
PT. Nissan Motor Indonesia

P: (021) 858 2323
F: (021) 858 4912
E: hana.m@nissan.co.id