Antusiasme tinggi risers Surabaya memodifikasi Datsun untuk mewujudkan mimpi memenangkan gelar regional champ

Surabaya, 18 November 2016 – PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) menyambangi kota Surabaya untuk mencari seorang Regional Champ Datsun Xplore Your Style 2016, sebuah kompetisi modifikasi mobil Datsun berskala nasional. Acara yang diadakan di Royal Plaza Mall, 18-20 November 2016, menjadi ajang adu kreativitas dan sarana penyalur ide - ide brilian para risers dalam memodifikasi mobil Datsun impian mereka.

Head of Marketing Datsun Indonesia Christian Gandawinata menyatakan, “Datsun Xplore Your Style adalah bentuk apresiasi Datsun kepada para risers berbakat yang berhasil menuangkan ide kreatif padamedium yang cukup menantang. Ibarat melukis di kanvas, para risers dengan piawainya memodifikasi mobil Datsun mereka sehingga terlihat sangat menarik dan berbeda dari yang lain.”

Berbeda dari tahun sebelumnya, Datsun Xplore Your Style 2016 memberi kesempatan bagi para peserta untuk merealisasikan desain mereka secara nyata lewat proses modifikasi. Jika tahun lalu kontes ini berhasil menarik perhatian lebih dari 1.000 hasil karya desain secara online, Datsun Xplore Your Style 2016 menargetkan 50 hasil karya modifikasi dari para risers di setiap kotanya.

Christian menambahkan, “Pemilihan Surabaya sebagai salah satu kota dalam rangkaian Datsun Xplore Your Style 2016 bukanlah tanpa alasan. Antusiasme para risers di Surabaya terhadap brand Datsun selalu tinggi. Selain itu, kami menilai individual dan industri kreatif di Surabaya terbilang sangat berpotensi sehingga kami ingin masyarakat terus

berkembang dan berinovasi, termasuk dalam hal modifikasi mobil. Kami harap para peserta yang berpartisipasi dapat terus berusahamenunjukkan kemampuannya untuk bersaing menjadi yang terbaik nantinya.”

Tingkat kreativitas yang tinggi pada Datsun Xplore Your Style dari tahun ke tahun juga menjadi tantangan tersendiri bagi National Modificator and Aftermarket Associations (NMAA) selaku juri yang ditunjuk dalam rangkaian proses penilaian tahun ini. Arie Adrianus, perwakilan juri modifikasi dari NMAA menuturkan, “Sulit bagi kami untuk menilai hasil karya arek-arek Suroboyo yang impresif dan kompetitif, apalagi dari 54 peserta yang ada kami harus memilih satu regional champ dari Surabaya untuk mengikuti babak nasional final nanti di Jakarta.”

Penilaian akan dilakukan di beberapa kriteria, seperti eksterior, interior,audio (tech dan gadget), suspensi dan undercarriage. Tak hanya melihat nilai estetika yang tinggi, para peserta juga diharapkan untuk selalu memperhatikan dua aspek penting lainnya, yaitu kenyamanan dan keselematan berkendara. Hal ini harus ditekankan karena Datsun Xplore Your Style merupakan kompetisi modifikasi mobil yang mengutamakan prosedur keamanan bagi setiap pesertanya.

Ada 10 kategori di kompetisi Datsun Xplore Your Style 2016, yaitu: The Breakthrough Body Kit, The Most Stylish Sticker Art, The Attractive Paint, The Airbrush Master, Stand Out Under Carriage, The Stylish Interior, The Racers Interior, The Risers Gadget, The Stylish Audio Cosmetic, dan Region’s Digital Favorite Award. Secara keseluruhan, para peserta di Medan, Surabaya dan Jakarta akan bersaing untuk menjadi Ultimate Champion of Datsun Xplore Your Style 2016 dan memperebutkan total hadiah sebesar Rp 100.000.000.

Satu pemenang regional champ Surabaya akan berhadapan dengan regional champ Medan dan Jakarta. Pada Xplore Your Style 2016 Medan, Oktober lalu, modifikator Datsun asal Pekanbaru, Harpit, terpilih menjadi regional champ dengan mobil Datsun GO yang telah dimodifikasi oleh Creative Auto Modified. Selain menjadi regional champ, Harpit juga berhasil menjadi yang terbaik di tiga kategori sekaligus, yaitu: Stand Out Under Carriage, The Riser Gadget, dan Stylish Audio Cosmetic.

Datsun Xplore Your Style 2016 selanjutnya akan diadakan di Jakarta pada 16-18 Desember 2016 untuk mencari regional champ Jakarta dan The Ultimate Champ of Datsun Xplore Your Style. Peserta yang ingin mengikuti kompetisi ini bisa memulai dengan mendaftarkan diri secara online dan mengunggah gambar dari hasil modifikasi mereka lewat www.datsun.co.id/xplore.

-SELESAI-

Tentang Datsun

Nissan Motor Co., Ltd. mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ketiga, bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012. Datsun mempersembahkan pengalaman berkendara berkelanjutan bagi pelanggan berjiwa muda dan optimis di dalam pasar yang kian berkembang dengan pesat. Datsun mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan. Mobil Datsun akan mulai dijual di India, Indonesia, dan Rusia pada tahun 2014.

Sejarah Datsun

Datsun diperkenalkan pertama kali di Jepang sebagai DAT-GO (mobil DAT) hampir seabad lalu di 1914. Kata DAT bermakna ‘secepat sambaran petir’ dalam bahasa Jepang, namun kata tersebut juga merujuk pada tiga orang penyokong usaha pada saat itu  yaitu Messrs. Den, Aoyama dan Takeuchi – akronim yang diambil dari huruf pertama setiap nama. Menggunakan logika yang sama, mobil tersebut juga dimaknai Durable (Memiliki tingkat ketahanan tinggi), Attractive (Menarik) dan Trustworthy (Dapat dipercaya), atau disingkat DAT. Di tahun 1933, pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, mengambil alih usaha dengan visi “mobilitas untuk semua”. Maka, diperkenalkanlah mobil berbobot ringan, ekonomis namun memiliki fleksibilitas tinggi untuk memenuhi aspirasi  kaum muda Jepang di awal tahun 1930-an yang diberi nama ‘son of DAT’ (anak laki-laki DAT) – Datson – yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal mewujudkan impian sang bapak pendiri.

Tentang PT. Nissan Motor Indonesia

PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) didirikan pada tahun 2001, beroperasi dalam bidang penjualan, distribusi, juga suku cadang resmi Nissan, serta menjalankan layanan purna jual di Indonesia. NMI menghadirkan rangkaian produk yang kompetitif dengan segmen kendaraan terlengkap. Di akhir tahun fiskal 2014, NMI berhasil meraih penjualan 53.960 unit dengan pangsa pasar 4,7%. Saat ini NMI memiliki 116 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia dan memiliki pabrik di Purwakarta, Jawa Barat dengan kapasitas produksi 90.000, dan akan terus meningkat hingga 250.000 pada tahun 2016, yang diiringi dengan peningkatan jumlah pekerja mencapai 3.300.

Tentang NMAA:

NMAA, National Modificator and Aftermarket Association, adalah asosiasi yang dibentuk untuk menjadi suatu wadah dari seluruh pecinta modifikasi/modifikatordi Indonesia pada khususnya serta produk-produk aftermarket yang tidak dapat dipisahkan menjadi bagian di dalamnya.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

R. I. Hana Maharani                                         

Head of Communications

PT. Nissan Motor Indonesia

P: (021) 858 2323

F: (021) 858 4912

E: hana.m@nissan.co.id

 

Tri Wahyudi Sujana

Maverick

P: (021) 7278 9833

M: 0813 8993 2907

E: tri@maverick.co.id