·         Total sumbangan mencapai 12.546 buku, melampaui target yaitu 10.000 buku bacaan

·         Merenovasi tiga lapangan sekolah, serta mengadakan coaching clinic dan mini-tournament bersama Persib

·         Memperbaiki tiga taman bacaan dan memberdayakan para relawan untuk mengajar di Kelas Inspirasi

·         Memberikan beasiswa untuk 60 pelajar berprestasi di Indonesia

·         Kamilla Lubna dari Sekolah Alam Cikeas berhasil memenangkan kompetisi menulis surat mengalahkan 80 pengirim surat lainnya

Jakarta, 27 Februari 2017 – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) melalui brand Datsun mengumumkan lima pencapaian penting program Datsun Rising Hope 2. Dimulai pada Agustus 2016, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Datsun untuk menyediakan akses pendidikan yang lebih baik bagi anak-anak Indonesia dalam mewujudkan mimpi mereka.

President Director PT NMI Antonio Zara menyampaikan, “Datsun berkomitmen untuk memberikan akses bagi para risers melalui berbagai cara, salah satunya melalui keterlibatan untuk membantu kalangan remaja dan anak-anak. Datsun ingin mereka memiliki akses sedini mungkin untuk membuat terobosan dalam hidupnya melalui berbagai kegiatan dan dukungan yang bisa kami berikan. Kami dengan bangga mengumumkan hasil yang memuaskan dari Datsun Rising Hope 2, dan karenanya kami berterima kasih bagi semua mitra dan masyarakat yang telah mendukung.”

Pada acara penutupan, Datsun mengumumkan lima kegiatan utama beserta pencapaiannya:

 

1.   Sumbangan buku

Datsun bekerja sama dengan beberapa pihak seperti Gramedia, Kitabisa.com, dan PopBox, serta menempatkan dropbox di berbagai diler Nissan-Datsun. Program ini ditutup dengan perolehan sebanyak 12.546 buku (melampaui target yang ditentukan yaitu sebanyak 10.000 buku). Buku sumbangan ini akan didistribusikan ke taman bacaan daerah di penjuru Indonesia melalui 1001Buku, sebagai mitra dari program ini.

 

2.   Renovasi lapangan sekolah

Datsun telah merenovasi tiga lapangan sekolah yang dilanjutkan dengan penyelenggaraan coaching clinic, serta mini tournament bersama Persib Bandung. Ketiga sekolah tersebut adalah SDN Babakancikao Purwakarta, SDN Cikahuripan 3 Lembang, dan SDN Nanggerang Kuningan.

 

3.   Renovasi taman bacaan daerah

Datsun telah merenovasi Taman Bacaan Masyarakat Bina Agro Wisata Lembang, Rumah Baca Kai Cantigi Lembang, dan Taman Bacaan Al-Hidayah Kuningan. Sebagai tambahan, dua unit Datsun GO+ Panca juga dimodifikasi sebagai perpustakaan keliling dalam rangka menyediakan akses yang lebih baik dalam pendistribusian sumbangan.

 

4.   Pemberian beasiswa

DRH, dengan bantuan GNOTA, memberikan beasiswa kepada 60 pelajar berprestasi di tiga sekolah dasar di Jawa Barat.

 

5.   Kompetisi menulis surat

Kompetisi menulis surat yang bertujuan untuk mendorong imajinasi anak-anak dengan tema Apa yang ingin kamu sampaikan kepada tokoh atau idola yang kamu kagumi’. Kompetisi ini berhasil mengumpulkan 80 surat dari anak-anak di seluruh tanah air, dan Kamilla Lubna dari Sekolah Alam Cikeas yang menuliskan surat untuk mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono, terpilih sebagai pemenang.

 

Berikut nama-nama pemenang dari kompetisi menulis surat:

1 - Kamilla Lubna, Bogor

2 - Sahnaz Nurrizqy N, Tangerang

3 - Nayla Sidra Fauzziyah Witono, Jakarta

4 - Fathia Mutiara, Yogyakarta

5 - Sebastian Hansel, Jakarta

Datsun percaya bahwa anak-anak harus memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai potensi maksimumnya, sehingga mereka bisa menggapai mimpinya. Dengan nilai-nilai utama Dream, Access dan Trust, Datsun membuktikan bahwa kolaborasi antara sektor swasta dan publik dapat membangkitkan harapan anak-anak kita dan memberikan mereka masa depan yang lebih baik,” tutup Toti. 

- Selesai-

Tentang Datsun

Nissan Motor Co., Ltd. mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ketiga, bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012. Datsun mempersembahkan pengalaman berkendara berkelanjutan bagi pelanggan berjiwa muda dan optimis di dalam pasar yang kian berkembang dengan pesat. Datsun mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan. Mobil Datsun dijual di India, Indonesia, Rusia, dan Afrika Selatan sejak tahun 2014.

Sejarah Datsun

Datsun diperkenalkan pertama kali di Jepang sebagai DAT-GO (mobil DAT) hampir seabad lalu di 1914. Kata DAT bermakna ‘secepat sambaran petir’ dalam bahasa Jepang, namun kata tersebut juga merujuk pada tiga orang penyokong usaha pada saat itu  yaitu Messrs. Den, Aoyama dan Takeuchi – akronim yang diambil dari huruf pertama setiap nama. Menggunakan logika yang sama, mobil tersebut juga dimaknai Durable (Memiliki tingkat ketahanan tinggi), Attractive (Menarik) dan Trustworthy (Dapat dipercaya), atau disingkat DAT. Di tahun 1933, pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, mengambil alih usaha dengan visi “mobilitas untuk semua”. Maka, diperkenalkanlah mobil berbobot ringan, ekonomis namun memiliki fleksibilitas tinggi untuk memenuhi aspirasi kaum muda Jepang di awal tahun 1930-an yang diberi nama ‘son of DAT’ (anak laki-laki DAT) – Datson – yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal mewujudkan impian sang bapak pendiri.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Datsun Indonesia, silahkan mengunjungi www.datsun.co.id, twitter @id_datsun, dan Facebook Datsun Indonesia.

Tentang PT. Nissan Motor Indonesia

Didirikan pada tahun 2001, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) beroperasi dalam bidang penjualan dan suku cadang resmi untuk Nissan, Datsun, dan Infiniti di Indonesia. NMI memiliki dua pabrik perakitan di Purwakarta, Jawa Barat, dengan kapasitas produksi tahunan hingga 250.000 unit. NMI juga telah memiliki 121 dealers di seluruh Indonesia.

Informasi lebih lanjut mengenai Nissan, silakan kunjungi situs www.nissan.co.id, Twitter @NissanID dan Facebook @NissanZoneIndonesia

Informasi lebih lanjut mengenai Datsun, silakan kunjungi situs www.datsun.co.id, Twitter @ID_Datsun dan Facebook @Datsun.Indonesia

Tentang Yayasan 1001Buku

Komunitas 1001buku merupakan organisasi nirlaba jaringan relawan dan pengelola taman bacaan anak. Berangkat dari keprihatinan atas kurangnya ketersediaan akses atas bahan bacaan bagi anak-anak Indonesia, 1001buku melakukan pengumpulan dan pendistribusian bahan bacaan anak, serta penguatan taman bacaan melalui penyediaan sarana pengembangan kreativitas anak dari masyarakat.

Sejalan dengan perkembangannya, 1001buku memfasilitasi penguatan taman-taman bacaan anak yang tergabung dalam Jaringan Taman Bacaan Anak 1001buku melalui pengembangan kapasitas, penyediaan materi dan acara yang dibutuhkan, agar Taman Bacaan menjadi lebih berkelanjutan. 1001buku juga melakukan kampanye-kampanye literasi dan memperkokoh jiwa kerelawanan di seluruh nusantara.

Tentang Gerakan Nasional Orang Tua Asuh

Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GN-OTA) merupakan sebuah inisiatif nasional untuk membantu ribuan anak Indonesia agar dapat meneruskan pendidikannya. Dengan bergabung dan menjadi orang tua asuh, Anda dapat turut serta membantu agar seorang anak tetap dapat bersekolah sekaligus menyediakan landasan yang lebih kuat untuk masa depan yang lebih baik.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

R. I. Hana Maharani                                     

Head of Communications

PT. Nissan Motor Indonesia

P: (021) 858 2323

F: (021) 858 4912

E: hana.m@nissan.co.id

 

Tri Wahyudi Sujana

Maverick

P: (021) 7278 9833

M: 0813 8993 2907

E: tri@maverick.co.id