• Datsun Rising Hope 2 kini berskala nasional dan menggunakan beragam platform untuk pengumpulan donasi.
  • Risers diajak berpartisipasi dalam kegiatan volunteering di Kelas Inspirasi Datsun.
  • Target 10.000 buku dan renovasi fasilitas olahraga di 3 sekolah.
  • Dua unit Datsun GO+ Panca yang diubah sebagai mobil perpustakaan keliling akan berikan akses dan kemudahan dalam penyaluran donasi.

Tangerang, 16 Agustus 2016 – Hari ini PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengumumkan kembalinya inisiatif Datsun Rising Hope (DRH) yang akan berlangsung sepanjang Agustus 2016 – Januari 2017. DRH 2 mengajak partisipasi publik untuk memberikan dukungan bagi anak-anak Indonesia yang kurang beruntung, baik melalui donasi materi atau meluangkan waktu dan tenaga melalui kegiatan volunteering.

Head of Datsun Indonesia Indriani Hadiwidjaja mengatakan, “Masa kanak-kanak merupakan masa yang ideal untuk belajar karena rasa ingin tahu yang tinggi. Kami ingin anak Indonesia, sebagai aset masa depan bangsa, dapat berkembang dengan positif melalui kegiatan membaca buku dan gaya hidup aktif. Melalui DRH 2, masyarakat luas juga dapat berkontribusi sebagai everyday-hero bagi anak-anak Indonesia dengan cara menyediakan akses pendidikan yang layak.”

Hasil riset Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2012 menyatakan bahwa anak-anak Indonesia menghabiskan 35-40 jam per minggu untuk menonton televisi, dengan 91,28% penonton aktif merupakan anak berusia 10 tahun ke atas. DRH 2 hadir sebagai gerakan sosial dari Datsun yang bertujuan untuk menggalakkan kebiasaan baik pada anak melalui berbagai aktivitas positif, seperti membaca dan berolahraga.

Datsun akan mengumpulkan donasi buku yang nantinya disumbangkan kepada sekolah dan taman bacaan. Tahun ini, Datsun berharap dapat menghimpun 10.000 buku, lebih banyak dari DRH sebelumnya yang berhasil mengumpulkan lebih dari 6.000 buku. Dua unit Datsun GO+ Panca yang telah diubah menjadi mobil perpustakaan keliling nantinya akan mengantar donasi ke anak-anak yang membutuhkan.

Datsun mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif di DRH 2 melalui berbagai kegiatan, yaitu menyumbangkan buku, mendonasikan uang, atau menjadi sukarelawan dalam Kelas Inspirasi Datsun.

Untuk proses penyumbangan buku, Datsun menyediakan beragam platform yang memudahkan para calon donatur. Masyarakat dapat mengunjungi dealer Nissan-Datsun di seluruh Indonesia, menggunakan layanan antar-jemput online, ataupun menyumbangkan buku baru melalui pembelian di toko buku online www.gramedia.com. Sementara itu, bagi mereka yang ingin  mendonasikan uang, Datsun juga bekerjasama dengan situs penggalangan dana online, www.kitabisa.com. Apabila masyarakat tertarik untuk menjadi relawan dalam Kelas Inspirasi Datsun, maka dapat mendaftar langsung di www.datsun.co.id/drh.

Dalam DRH 2 tahun ini, Datsun tidak hanya mengumpulkan buku, namun juga mempromosikan gaya hidup aktif kepada anak-anak melalui olahraga. DRH 2 menggunakan pendekatan baru mendorong anak-anak untuk aktif berolahraga dengan cara merevitalisasi fasilitas olahraga di 3 sekolah di Jawa Barat.

 

Untuk mendukung kegiatan DRH 2, Datsun bekerjasama dengan Yayasan 1001Buku dan Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA).  

“Sesuai dengan filosofi Dream, Access, dan Trust, Datsun berharap anak-anak Indonesia dapat terus bermimpi dan menggapai cita-cita setinggi-tingginya. Datsun akan hadir untuk menyediakan akses bagi mereka yang gigih mewujudkan mimpi melalui program DRH 2 ini,” pungkas Indri.

-SELESAI-

Tentang Datsun

Nissan Motor Co., Ltd. mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ketiga, bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012. Datsun mempersembahkan pengalaman berkendara berkelanjutan bagi pelanggan berjiwa muda dan optimis di dalam pasar yang kian berkembang dengan pesat. Datsun mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan. Mobil Datsun akan mulai dijual di India, Indonesia, dan Rusia pada tahun 2014.

 

Sejarah Datsun

Datsun diperkenalkan pertama kali di Jepang sebagai DAT-GO (mobil DAT) hampir seabad lalu di 1914. Kata DAT bermakna ‘secepat sambaran petir’ dalam bahasa Jepang, namun kata tersebut juga merujuk pada tiga orang penyokong usaha pada saat itu  yaitu Messrs. Den, Aoyama dan Takeuchi – akronim yang diambil dari huruf pertama setiap nama. Menggunakan logika yang sama, mobil tersebut juga dimaknai Durable (Memiliki tingkat ketahanan tinggi), Attractive (Menarik) dan Trustworthy (Dapat dipercaya), atau disingkat DAT. Di tahun 1933, pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, mengambil alih usaha dengan visi “mobilitas untuk semua”. Maka, diperkenalkanlah mobil berbobot ringan, ekonomis namun memiliki fleksibilitas tinggi untuk memenuhi aspirasi  kaum muda Jepang di awal tahun 1930-an yang diberi nama ‘son of DAT’ (anak laki-laki DAT) – Datson – yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal mewujudkan impian sang bapak pendiri.

 

Tentang PT. Nissan Motor Indonesia

PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) didirikan pada tahun 2001, beroperasi dalam bidang penjualan, distribusi, juga suku cadang resmi Nissan, serta menjalankan layanan purna jual di Indonesia. NMI menghadirkan rangkaian produk yang kompetitif dengan segmen kendaraan terlengkap. Di akhir tahun fiskal 2014, NMI berhasil meraih penjualan 53.960 unit dengan pangsa pasar 4,7%. Saat ini NMI memiliki 116 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia dan memiliki pabrik di Purwakarta, Jawa Barat dengan kapasitas produksi 90.000, dan akan terus meningkat hingga 250.000 pada tahun 2016, yang diiringi dengan peningkatan jumlah pekerja mencapai 3.300.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

R. I. Hana Maharani                                         

Head of Communications

PT. Nissan Motor Indonesia

P: (021) 858 2323

F: (021) 858 4912

E: hana.m@nissan.co.id

 

Jagad Sidhayodha

Public Relations Datsun Indonesia

P: (021) 858 2323

F: (021) 858 4912

E: jagad.s@datsun.co.id