Posted : Selasa, 13 Oktober 2015

 

● Datsun lanjutkan kompetisi proposal wirausaha Datsun Rising Challenge untuk dukung risers wujudkan mimpi.

● DRC 2 bertujuan mengembangkan semangat kewirausahaan risers di Indonesia dan berkontribusi bagi solusi permasalahan sosial.

JAKARTA, INDONESIA (October 13, 2015) - Hari ini, PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) mengumumkan bahwa Datsun Rising Challenge 2 (DRC 2) secara resmi dimulai.   

    

DRC 2 merupakan gelombang kedua dari program yang telah menuai kesuksesan besar pada tahun 2013, saat para peserta diajak untuk mengajukan proposal ide wirausaha dan belajar tentang bagaimana membangun bisnis mereka secara berkelanjutan. Tahun ini, DRC 2 akan akan berfokus pada kewirausahaan yang memberdayakan masyarakat untuk mengentaskan permasalahan sosial (social entrepreneurship). Para peserta diundang untuk mendaftarkan ide dan proposal bisnis yang inovatif untuk pengembangan para wirausahawan muda Indonesia yang memiliki kepekaan sosial.

     

     Social entrepreneurship menggabungkan inovasi, sumber daya dan kesempatan untuk mengatasi tantangan dan masalah sosial dan lingkungan melalui kewirausahaan. Tujuannya adalah perubahan yang berkelanjutan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dimana usaha tersebut dijalankan. 

Kick Off Datsun Rising Challenge 2, 2015

Vincent Cobee, Corporate Vice President, Global Head of Datsun mengatakan, "Datsun adalah merek global yang membantu mewujudkan impian orang untuk memiliki mobil menjadi kenyataan. Filosofi mewujudkan mimpi itu pun dituangkan ke dalam inisiatif dan program untuk mendukung cita-cita para risers, dengan membuka peluang baru dalam hidup dan membantu mereka untuk  meningkatkan taraf kehidupan mereka. Kami sangat senang karena Datsun dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat sekaligus mengembangkan kemampuan kaum muda.”

          DRC 2 menargetkan lebih dari 2.000 proposal. Dua puluh proposal terbaik akan berkesempatan untuk berpartisipasi dalam lokakarya bisnis yang dimentori pakar dari beragam bidang. DRC 2 akan menyeleksi lima proposal terbaik dari seluruh Indonesia. Setiap pemenang akan mendapatkan 1 unit mobil Datsun GO+ Panca dan uang tunai sebesar 50 juta Rupiah, yang bisa digunakan sebagai modal awal usaha.

          Indriani Hadiwidjaja, Head of Datsun Indonesia, menjelaskan, "Sejalan dengan semangat Datsun untuk merealisasikan mimpi menjadi kenyataan, kami kembali menggelar Datsun Rising Challenge sebagai platform untuk membantu risers mencapai tujuan bisnis mereka. DRC 2 juga merupakan cara Datsun untuk mengapresiasi risers Indonesia yang telah mendukung kami, dengan berbagi peluang dan membangun sukses secara bersama-sama."

 

          Berdasarkan laporan  dari Kamar Dagang Indonesia (KADIN) tahun 2014, saat ini Indonesia memiliki jutaan perusahaan yang terdaftar sebagai Usaha Kecil Menengah (UKM). UKM memainkan peranan yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia. Oleh sebab itu, dengan menginspirasi para wirausahawan untuk memberdayakan masyarakat melalui usahanya seperti pada prinsip social entrepreneurship, peluang untuk berkontribusi pada perbaikan kondisi sosial ekonomi di Indonesia sangat besar. 

Ki-Ka - Shinkichi Izumi, Vincent Cobee, Andy F. Noya, Indriani Hadiwidjaja, beserta salah satu pemenang DRC 1 Woro Anindyajati
Berpose di depan Datsun GO+, hadiah bagi DRC 2 persembahan Datsun Indonesia

"DRC 2 merupakan sebuah kesempatan bagi kita semua untuk menemukan sosok agent of change di masa yang akan datang. Datsun berharap DRC 2 dapat menginspirasi risers untuk menciptakan ide-ide yang berpotensi memberdayakan masyarakat dan secara jangka panjang meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia," Indriani menyimpulkan.

          Datsun akan mengadakan roadshow di kota-kota besar Indonesia untuk merekrut peserta. Sebagai langkah lanjutan dalam mendukung peserta, Datsun juga akan melakukan lokakarya untuk membekali para calon social entrepreneur dengan pengetahuan dan keterampilan terkini yang dibutuhkan untuk mendirikan dan mengembangkan bisnis, serta memberikan solusi permasalahan sosial di masyarakat dengan prinsip-prinsip kewirausahaan.

          Pendaftaran DRC 2 akan dimulai pada 20 Oktober 2015 hingga 20 Januari 2016. Peserta dapat memperoleh informasi lengkap seputar DRC 2 dan juga mengunduh formulir pendaftarannya di www.datsun.co.id/drc

-selesai-

Tentang Datsun

Nissan Motor Co., Ltd. mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ketiga, bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012. Datsun mempersembahkan pengalaman berkendara berkelanjutan bagi pelanggan berjiwa muda dan optimis di dalam pasar yang kian berkembang dengan pesat. Datsun mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan. Mobil Datsun akan mulai dijual di India, Indonesia, dan Rusia pada tahun 2014.

Sejarah Datsun

Datsun diperkenalkan pertama kali di Jepang sebagai DAT-GO (mobil DAT) hampir seabad lalu di 1914. Kata DAT bermakna ‘secepat sambaran petir’ dalam bahasa Jepang, namun kata tersebut juga merujuk pada tiga orang penyokong usaha pada saat itu  yaitu Messrs. Den, Aoyama dan Takeuchi – akronim yang diambil dari huruf pertama setiap nama. Menggunakan logika yang sama, mobil tersebut juga dimaknai Durable (Memiliki tingkat ketahanan tinggi), Attractive (Menarik) dan Trustworthy (Dapat dipercaya), atau disingkat DAT. Di tahun 1933, pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, mengambil alih usaha dengan visi “mobilitas untuk semua”. Maka, diperkenalkanlah mobil berbobot ringan, ekonomis namun memiliki fleksibilitas tinggi untuk memenuhi aspirasi  kaum muda Jepang di awal tahun 1930-an yang diberi nama ‘son of DAT’ (anak laki-laki DAT) – Datson – yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal mewujudkan impian sang bapak pendiri.

Tentang PT. Nissan Motor Indonesia

PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) didirikan pada tahun 2001, beroperasi dalam bidang penjualan, distribusi, juga suku cadang resmi Nissan, serta menjalankan layanan purna jual di Indonesia. NMI menghadirkan rangkaian produk yang kompetitif dengan segmen kendaraan terlengkap. Di akhir tahun fiskal 2014, NMI berhasil meraih penjualan 53.960 unit dengan pangsa pasar 4,7%. Saat ini NMI memiliki 117 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia dan memiliki pabrik di Purwakarta, Jawa Barat dengan kapasitas produksi 90.000, dan akan terus meningkat hingga 250.000 pada tahun 2016, yang diiringi dengan peningkatan jumlah pekerja mencapai 3.300.