Posted: 8 Desember 2015

●     Kompetisi proposal bisnis berbasis pemberdayaan masyarakat di Surabaya.

●     Mengajak risers untuk menjadi agent of change: wujudkan mimpi untuk memiliki bisnis impian, sekaligus berkontribusi pada masyarakat.

SURABAYA, INDONESIA (8 Desember 2015) – Setelah sukses menggelar roadshow Datsun Rising Challenge 2 (DRC 2) di Jakarta, Makassar, Bandung dan Medan. Hari ini, PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) melalui brand Datsun kembali melakukan kegiatan sosialisasi (DRC 2) di kota Surabaya.

DRC 2 merupakan gelombang kedua dari program DRC yang telah menuai kesuksesan besar pada tahun 2013, saat para peserta diajak untuk mengajukan proposal ide wirausaha dan belajar tentang bagaimana membangun bisnis mereka secara berkelanjutan. Tahun ini, DRC 2 fokus pada kewirausahaan yang memberdayakan masyarakat untuk mengentaskan permasalahan sosial (social entrepreneurship). Para peserta diundang untuk mendaftarkan ide dan proposal bisnis yang inovatif untuk pengembangan para wirausahawan muda Indonesia yang memiliki kepekaan sosial.

Hana Maharani selaku Head of Communications PT. Nissan Motor Indonesia mengatakan, “Datsun Rising Challenge mengajak risers untuk menciptakan rencana bisnis yang unik dan breakthrough. Sesuai dengan tema DRC 2, yaitu Social Entrepreneurship, Datsun berharap dapat menemukan sosok agent of change, yaitu para wirausahawan muda yang mampu menciptakan bisnis tidak hanya untuk profitnya sendiri, namun berdampak positif bagi masyarakat.”

DRC 2 secara resmi telah dimulai pada tanggal 13 Oktober lalu dan menargetkan lebih dari 2.000 proposal. Dua puluh proposal terbaik akan berkesempatan untuk berpartisipasi dalam lokakarya bisnis yang dimentori pakar dari beragam bidang. DRC 2 akan menyeleksi lima proposal terbaik dari seluruh Indonesia. Setiap pemenang akan mendapatkan 1 unit mobil Datsun GO+ Panca dan uang tunai sebesar 50 juta Rupiah, yang dapat digunakan sebagai modal awal usaha.

Datsun mengadakan roadshow di beberapa kota besar Indonesia untuk mensosialisasikan program DRC 2 kepada calon peserta. Sebelumnya, Datsun telah menggelar roadshow di Jakarta (10-13 November 2015), Makassar (19 November 2015), Bandung (26 November 2015) dan Medan (3-4 Desember 2015). Kini DRC kembali mengadakan roadshow di Surabaya (8 Desember 2015), kemudian diikuti kota Banjarmasin (10-11 Desember 2015), Yogya (14-15 Desember 2015) dan Palembang (17-18 Desember 2015).

“Kami sangat berterima kasih atas antusiasme para risers yang tinggi sejak roadshow DRC 2 di kota Jakarta, Makassar, Bandung dan Medan, terbukti dengan ratusan proposal ide bisnis yang sudah terkumpul hingga saat ini. Kami berharap di kota-kota selanjutnya kegiatan roadshow DRC 2 ini juga akan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para risers.” jelas Hana

Untuk mensosialisasikan program DRC 2 di Surabaya, Datsun mengunjungi Universitas Airlangga untuk mengadakan seminar kewirausahaan sosial. Sama seperti di kota-kota sebelumnya, ratusan peserta yang terdiri dari para mahasiswa di kota Surabaya ini terlihat sangat antusias dalam mengikuti seminar. Kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi para calon social entrepreneur dengan pengetahuan terkini yang dibutuhkan untuk mendirikan dan mengembangkan bisnis, serta memberikan solusi permasalahan sosial di masyarakat dengan prinsip-prinsip kewirausahaan.

Untuk mengikuti kompetisi ini, para calon peserta dapat mengunduh formulir pendaftaran DRC 2 dan menyerahkan proposal bisnisnya di website www.datsun.co.id/drc  hingga tanggal 20 Januari 2016. 

-SELESAI-

Tentang Datsun

Nissan Motor Co., Ltd. mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ketiga, bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012. Datsun mempersembahkan pengalaman berkendara berkelanjutan bagi pelanggan berjiwa muda dan optimis di dalam pasar yang kian berkembang dengan pesat. Datsun mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan. Mobil Datsun akan mulai dijual di India, Indonesia, dan Rusia pada tahun 2014.

 

Sejarah Datsun

Datsun diperkenalkan pertama kali di Jepang sebagai DAT-GO (mobil DAT) hampir seabad lalu di 1914. Kata DAT bermakna ‘secepat sambaran petir’ dalam bahasa Jepang, namun kata tersebut juga merujuk pada tiga orang penyokong usaha pada saat itu  yaitu Messrs. Den, Aoyama dan Takeuchi – akronim yang diambil dari huruf pertama setiap nama. Menggunakan logika yang sama, mobil tersebut juga dimaknai Durable (Memiliki tingkat ketahanan tinggi), Attractive (Menarik) dan Trustworthy (Dapat dipercaya), atau disingkat DAT. Di tahun 1933, pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, mengambil alih usaha dengan visi “mobilitas untuk semua”. Maka, diperkenalkanlah mobil berbobot ringan, ekonomis namun memiliki fleksibilitas tinggi untuk memenuhi aspirasi  kaum muda Jepang di awal tahun 1930-an yang diberi nama ‘son of DAT’ (anak laki-laki DAT) – Datson – yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal mewujudkan impian sang bapak pendiri.

 

Tentang PT. Nissan Motor Indonesia

PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) didirikan pada tahun 2001, beroperasi dalam bidang penjualan, distribusi, juga suku cadang resmi Nissan, serta menjalankan layanan purna jual di Indonesia. NMI menghadirkan rangkaian produk yang kompetitif dengan segmen kendaraan terlengkap. Di akhir tahun fiskal 2014, NMI berhasil meraih penjualan 53.960 unit dengan pangsa pasar 4,7%. Saat ini NMI memiliki 116 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia dan memiliki pabrik di Purwakarta, Jawa Barat dengan kapasitas produksi 90.000, dan akan terus meningkat hingga 250.000 pada tahun 2016, yang diiringi dengan peningkatan jumlah pekerja mencapai 3.300.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

R. I. Hana Maharani                                         

Head of Communications

PT. Nissan Motor Indonesia

P: (021) 858 2323

F: (021) 858 4912

E: hana.m@nissan.co.id

 

Silmy Kania Dewi

PRODIGY PR

P: (021) 2567 5790

F: (021) 2567 5890

E: Silmy@bornprodigy.com