Posted: 28 Maret 2016

● Etape 4 Palembang-Jakarta menjadi penutup rangkaian perjalanan Datsun Risers Expedition gelombang IV di Sumatera.

PALEMBANG, 28 Maret 2016 PT Nissan Motor Indonesia (NMI) melalui brand Datsun Indonesia kembali melanjutkan perjalanan berkeliling Indonesia bersama “Datsun Risers Expedition” (DRE) yang telah memasuki gelombang IV etape ke-4. Pada etape keempat ini, DRE akan menempuh rute Palembang-Jakarta dari tanggal 29 hingga 31 Maret 2016. Sebelumnya, Datsun Risers Expedition telah sukses menempuh rute Aceh-Medan di etape pertama (3-5 Maret 2016), Medan-Riau di etape kedua (8-10 Maret 2016), dan rute Riau-Padang di etape ketiga (15-17 Maret 2016).

 

Datsun Risers Expedition merupakan rangkaian perjalanan inspiratif menjelajahi Indonesia dengan target menempuh jarak 10.000 km dengan melibatkan 300 risers dalam konvoi mobil Datsun melewati 150 kota di puluhan provinsi di Jawa, Bali dan Nusa Tenggara (Gelombang I), Sulawesi (Gelombang II), Kalimantan (Gelombang III) dan Sumatera (Gelombang IV).

 

Kegiatan DRE dimulai sejak Mei 2015 – bertepatan dengan perayaan satu tahun peluncuran brand Datsun di Indonesia. Sesuai dengan semangat brand Datsun yaitu Dream - Access - Trust, melalui DRE, Datsun ingin lebih mendekatkan diri dengan konsumen di Indonesia dengan cara memberikan kesempatan kepada risers untuk menguji ketangguhan Datsun GO+ Panca; mengenal luasnya jaringan dealer Datsun di seluruh Indonesia; serta mengajak risers untuk terlibat langsung dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Datsun. Hingga gelombang IV etape 3, DRE telah menempuh jarak lebih dari 14.000 km, melibatkan 294 risers, melalui lebih dari 140 kota dan mendonasikan ribuan buku bagi ratusan anak-anak di Indonesia.

Indriani Hadiwidjaja selaku Head of Datsun Indonesia mengatakan, “Datsun Risers Expedition merupakan kesempatan yang tepat bagi kami untuk mendekatkan brand Datsun kepada risers di Indonesia, khususnya Sumatera. Sumatera adalah market yang cukup menjanjikan bagi Datsun, dan kami berharap DRE bisa memberikan pengalaman unik dalam membuktikan ketangguhan Datsun sekaligus meningkatkan apresiasi terhadap keindahan budaya lokal pada saat yang bersamaan.”

 

Pada etape keempat gelombang IV, 15 risers dalam 5 konvoi mobil Datsun akan diajak untuk mengenal lebih jauh kota Palembang hingga kembali lagi ke Jakarta. Risers juga berkesempatan untuk mengeksplorasi wilayah-wilayah yang menarik dengan potensi pesona keragaman yang unik tetapi masih kurang dikenal masyarakat luas, seperti mengunjungi tempat bersejarah Benteng Kuto Besak, Taman Purbakala Puggung Raharjo, dan Makam Sejarah Raden Inten II, hingga berpetualang air di Pulau Pahawang dan Pulau Kemaro.

 

Dalam setiap perjalanan DRE, para risers selalu dilibatkan dalam kegiatan CSR Datsun Rising Hope. Pada ekspedisi kali ini, risers akan melakukan CSR berupa pemberian buku dan alat tulis di SDN 198 Palembang, Sumatera Selatan. Risers juga diajak untuk mengunjungi beberapa dealer Datsun yang tersebar di wilayah Palembang hingga Jakarta untuk mengetahui luasnya jaringan dealer Datsun di Indonesia.

 

“Melalui kegiatan DRE, Datsun berharap dapat memberikan kontribusi dengan menunjukkan keindahan alam dan kekayaan budaya Indonesia kepada para risers. Kami berharap kegiatan ini akan semakin mendekatkan Datsun kepada risers dan menambah rasa cinta mereka kepada tanah air. Para risers peserta DRE juga dapat berbagi cerita dan memberikan inspirasi kepada masyarakat melalui sosial media.” tutup Indri.

 

Kegembiraan para risers peserta DRE dapat diikuti melalui berbagai cerita, foto dan video perjalanan yang diunggah di media sosial Datsun Indonesia, seperti twitter @ID_Datsun dan www.datsunrisersexpedition.com.

-SELESAI-

Tentang Datsun

Nissan Motor Co., Ltd. mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ketiga, bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012. Datsun mempersembahkan pengalaman berkendara berkelanjutan bagi pelanggan berjiwa muda dan optimis di dalam pasar yang kian berkembang dengan pesat. Datsun mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan. Mobil Datsun akan mulai dijual di India, Indonesia, dan Rusia pada tahun 2014.

 

Sejarah Datsun

Datsun diperkenalkan pertama kali di Jepang sebagai DAT-GO (mobil DAT) hampir seabad lalu di 1914. Kata DAT bermakna ‘secepat sambaran petir’ dalam bahasa Jepang, namun kata tersebut juga merujuk pada tiga orang penyokong usaha pada saat itu  yaitu Messrs. Den, Aoyama dan Takeuchi – akronim yang diambil dari huruf pertama setiap nama. Menggunakan logika yang sama, mobil tersebut juga dimaknai Durable (Memiliki tingkat ketahanan tinggi), Attractive (Menarik) dan Trustworthy (Dapat dipercaya), atau disingkat DAT. Di tahun 1933, pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, mengambil alih usaha dengan visi “mobilitas untuk semua”. Maka, diperkenalkanlah mobil berbobot ringan, ekonomis namun memiliki fleksibilitas tinggi untuk memenuhi aspirasi  kaum muda Jepang di awal tahun 1930-an yang diberi nama ‘son of DAT’ (anak laki-laki DAT) – Datson – yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal mewujudkan impian sang bapak pendiri.

 

Tentang PT. Nissan Motor Indonesia

PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) didirikan pada tahun 2001, beroperasi dalam bidang penjualan, distribusi, juga suku cadang resmi Nissan, serta menjalankan layanan purna jual di Indonesia. NMI menghadirkan rangkaian produk yang kompetitif dengan segmen kendaraan terlengkap. Di akhir tahun fiskal 2014, NMI berhasil meraih penjualan 53.960 unit dengan pangsa pasar 4,7%. Saat ini NMI memiliki 116 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia dan memiliki pabrik di Purwakarta, Jawa Barat dengan kapasitas produksi 90.000, dan akan terus meningkat hingga 250.000 pada tahun 2016, yang diiringi dengan peningkatan jumlah pekerja mencapai 3.300.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

R. I. Hana Maharani                                         

Head of Communications

PT. Nissan Motor Indonesia

P: (021) 858 2323

F: (021) 858 4912

E: hana.m@nissan.co.id

 

Silmy Kania Dewi

PRODIGY PR

P: (021) 2567 5790

F: (021) 2567 5890

E: Silmy@bornprodigy.com