Posted : 14 September 2015

  • Uji ketangguhan Datsun GO+ Panca dalam perjalanan inspiratif wisata alam, budaya, sejarah dan kegiatan sosia memasuki etape ke-2: Palu – Toraja, dari total tiga etape
  • Produk LCGC pertama dan satu-satunya yang melakukan ekspedisi jarak jauh di Indonesia

 

PALU, INDONESIA (14 September, 2015) – Setelah menyelesaikan rute Manado ke Gorontalo pada Datsun Risers Expedition (DRE) gelombang II etape satu di Sulawesi, pada hari ini, PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) secara resmi melepas risers etape dua dari dealer Nissan-Datsun Palu. Perjalanan ini akan mengeksplorasi tanah eksotis dari Palu ke Toraja pada 15-17 September, dengan menggunakan kendaraan Datsun GO+ Panca yang terpercaya.

 

Indriani Hadiwidjaja selaku Head of Datsun Indonesia menjelaskan, “Datsun mengambil langkah berani dalam gagasannya menjadi produk LCGC pertama dan satu-satunya untuk menyelenggarakan ekspedisi jarak jauh berkeliling Indonesia. Melalui Datsun Risers Expedition, kami ingin menunjukan kepercayaan dalam kualitas produk kami, sekaligus juga menempatkan relevansi brand Datsun dalam konteks kebudayan lokal Indonesia untuk mendekatkan risers dengan Datsun: bahwasanya Datsun adalah merek global dengan produk lokal yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia”.

 

DRE merupakan sebuah perjalanan inspiratif yang akan mengeksplorasi keindahan alam dan budaya lokal di seluruh nusantara, melewati lebih dari 10.000 kilometer, melalui 100 kota Jawa, Bali dan Lombok (gelombang I), Sulawesi (gelombang II), Kalimantan (gelombang III) dan Sumatera (gelombang IV). Tujuan dari ekspedisi ini adalah untuk membangun awareness dan meningkatkan apresiasi akan kekayaan tanah Indonesia dan kebudayaan lokal yang sangat beragam, memberikan pengalaman berkendara bagi risers dalam merasakan ketangguhan Datsun di berbagai kondisi jalan, serta pembuktian luasnya jaringan dealer Datsun di Indonesia.

 

DRE dimulai di Mei 2015 bertepatan dengan perayaan ulang tahun pertama Datsun di Indonesia. Dengan semangat brand Datsun dream – access – trust, ekspedisi ini dirancang untuk membawa nilai-nilai tersebut dalam membangun ikatan emosional antara Datsun dan risers selama perjalanan. Untuk membuktikan visi Datsun dalam mewujudkan mimpi menjadi kenyataan, Datsun akan melibatkan risers untuk melakukan kegiatan sosial selama perjalanan DRE dengan mengajak risers mendonasikan buku dan peralatan tulis ke sekolah-sekolah yang dikunjungi selama perjalanan, serta memberikan wawasan bagi anak-anak melalui kelas inspirasi Datsun – di mana peserta akan berbagi cerita mengenai beragam profesi impian anak-anak Indonesia. Risers yang berpartisipasi dalam DRE juga akan melewati dan mengunjungi beberapa dealer Datsun selama perjalanan yang ditempuh; sejak peluncuran Datsun di Mei 2014, jumlah jaringan dealer Datsun telah berkembang menjadi 104 outlet di seluruh Indonesia, dan tahun 2015 ini ditargetkan menjadi 127 outlet.

 

Pada etape satu di Sulawesi yang dilakukan pada 8-10 September lalu, risers berhasil menempuh perjalanan dari Manado ke Gorontalo melintasi jalan berliku, menanjak dan curam selama tiga hari perjalanan. Keunggulan, ketangguhan dan efisiensi bahan bakar dari Datsun GO+ Panca di berbagai medan cukup terbukti dari perjalanan ini. Destinasi menarik yang dikunjungi dalam etape satu ini adalah: Danau Linow di Tomohon, Cagar Alam Waruga di Minahasa dan situs bersejarah Benteng Otanaha di Gorontalo. Para risers juga mengunjungi dealer Datsun di Manado dan Gorontalo dan mendonasikan lebih dari 300 buku bacaan, alat tulis dan olahraga, serta berbagi cerita melalui Kelas Inspirasi bagi sejumlah murid di SDN 04 Kota Barat Gorontalo.

 

Perjalanan Eksplorasi Tanah Eksotis dari Palu ke Toraja

Partisipan dari DRE gelombang II etape dua Sulawesi akan menempuh perjalanan selama tiga hari mulai dari 15 hingga 17 September. Delapan belas risers dengan konvoi 6 unit Datsun GO+ Panca akan bertolak dari Palu ke Toraja melewati pemandangan hutan sawit dan mengunjungi berbagai objek wisata lokal seperti Gunung Nona, gua penguburan Londa dan Ke’te Kesu (keduanya berada di Rantepao), desa yang terkenal akan ukiran kayu dan tongkonan serta lumbung padi.

 

Risers peserta DRE diajak untuk menyebarluaskan cerita mereka melalui media sosial masing-masing, yang bertujuan untuk membangun awareness kepada publik melalui objek wisata potensial dari tempat-tempat yang dikunjungi risers selama perjalanan mereka. Datsun juga akan melibatkan risers yang tidak ikut mengambil bagian dalam perjalanan ini untuk ikut serta membagikan semangat dari perjalanan ini dengan berpartisipasi di kuis twitter @ID_Datsun. Datsun akan menyelenggarakan beberapa kuis menarik di www.datsunrisersexpedition.com; partisipan kuis akan mendapatkan hadiah berbagai voucher belanja dengan total senilai lebih dari jutaan rupiah.

 

“Melalui kampanye di berbagai media sosial kami, kami berharap ekspedisi ini dapat meningkatkan apresiasi terhadap kekayaan budaya Indonesia dan dapat menginspirasi risers lainnya untuk bergabung dengan kami. Kami mengundang semua risers yang tertarik mengikuti Datsun Risers Expedition etape berikutnya untuk melakukan pendaftaran di website kami,” Indriani menambahkan. DRE Sulawesi akan melanjutkan etape terakhir dari Makassar ke Toraja dan kembali ke Makasar melalui Tanjung Bira, pada 29 September sampai 1 Oktober 2015.

- SELESAI -

Tentang Datsun

Nissan Motor Co., Ltd. mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ketiga, bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012. Datsun mempersembahkan pengalaman berkendara berkelanjutan bagi pelanggan berjiwa muda dan optimis di dalam pasar yang kian berkembang dengan pesat. Datsun mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan. Mobil Datsun akan mulai dijual di India, Indonesia, dan Rusia pada tahun 2014.

 

Sejarah Datsun

Datsun diperkenalkan pertama kali di Jepang sebagai DAT-GO (mobil DAT) hampir seabad lalu di 1914. Kata DAT bermakna ‘secepat sambaran petir’ dalam bahasa Jepang, namun kata tersebut juga merujuk pada tiga orang penyokong usaha pada saat itu  yaitu Messrs. Den, Aoyama dan Takeuchi – akronim yang diambil dari huruf pertama setiap nama. Menggunakan logika yang sama, mobil tersebut juga dimaknai Durable (Memiliki tingkat ketahanan tinggi), Attractive (Menarik) dan Trustworthy (Dapat dipercaya), atau disingkat DAT. Di tahun 1933, pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, mengambil alih usaha dengan visi “mobilitas untuk semua”. Maka, diperkenalkanlah mobil berbobot ringan, ekonomis namun memiliki fleksibilitas tinggi untuk memenuhi aspirasi  kaum muda Jepang di awal tahun 1930-an yang diberi nama ‘son of DAT’ (anak laki-laki DAT) – Datson – yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal mewujudkan impian sang bapak pendiri.

 

Tentang PT. Nissan Motor Indonesia

PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) didirikan pada tahun 2001, beroperasi dalam bidang penjualan, distribusi, juga suku cadang resmi Nissan, serta menjalankan layanan purna jual di Indonesia. NMI menghadirkan rangkaian produk yang kompetitif dengan segmen kendaraan terlengkap. Di akhir tahun fiskal 2014, NMI berhasil meraih penjualan 53.960 unit dengan pangsa pasar 4,7%. Saat ini NMI memiliki 116 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia dan memiliki pabrik di Purwakarta, Jawa Barat dengan kapasitas produksi 90.000, dan akan terus meningkat hingga 250.000 pada tahun 2016, yang diiringi dengan peningkatan jumlah pekerja mencapai 3.300.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

 

R. I. Hana Maharani                                         

Head of Communications

PT. Nissan Motor Indonesia

P: (021) 858 2323

F: (021) 858 4912

E: hana.m@nissan.co.id

 

Silmy Kania Dewi

PRODIGY PR

P: (021) 2567 5790

F: (021) 2567 5890

E: Silmy@bornprodigy.com