29 Oktober 2015 (Yokohama, Jepang) – Datsun tengah mempersiapkan tahap baru perkembangannya melalui mobil konsep yang diperkenalkan secara global, Datsun GO-cross Concept.

 

Hadir dalam tipe crossover, Datsun GO-cross Concept membawa sensasi baru yang stylish, seru, dan penuh petualangan pada line-up produk Datsun. Tipe ini diciptakan khusus untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi generasi baru pengendara mobil – muda, ambisius, dan penyuka kesenangan yang giat meraih mimpi demi mencapai tahap selanjutnya dalam kehidupan. Mereka mendambakan kebebasan dan kesempatan yang terbuka dengan memiliki mobil pribadi; mobil yang mencerminkan kepribadian serta harapan, sesuai dengan gaya hidup yang mereka jalani.    

 

Selaras dengan para pengendara tersebut, Datsun GO-cross Concept pun hadir dengan jiwa dan sensasi penuh petualangan. Datsun GO-cross Concept dapat diandalkan untuk menjalani rutinitas keseharian, dan tetap penuh energi saat tiba waktunya berlibur maupun beraktivitas di akhir pekan. Tak hanya sekedar jalan raya di wilayah perkotaan, lintasan alam bebas di wilayah pedesaan pun dapat dilintasinya dengan mudah.

 

Mobil konsep terbaru Datsun – yang kedua sesudah Datsun redi-GO Concept yang diperkenalkan Februari 2014 – mencerminkan potensi Datsun GO/GO+ untuk merambah pasar dengan pertumbuhan tinggi. Jika kelak diproduksi, secara otomatis Datsun GO-cross Concept akan menciptakan segmen pasar baru; serta menarik konsumen yang sebelumnya tidak terjangkau oleh brand legendaris ini.

 

Dalam paduan elemen modern dan bahasa desain khas Datsun, GO-cross Concept hadir dalam tipe MPV tiga-baris; sesuai dengan pendahulunya yang sudah diakui dunia, Datsun GO+. Dengan demikian, GO-cross Concept tetap mengikuti filosofi Datsun dalam menciptakan desain mobil untuk memenuhi kebutuhan pasar dengan harga menarik. 

 

Didesain oleh tim Datsun berdedikasi tinggi di Jepang, Datsun GO-cross Concept mampu menempatkan diri di posisi yang berbeda dengan Datsun GO+, meskipun keduanya diciptakan dari platform yang sama.

 

“Tantangan kami adalah bagaimana caranya menciptakan crossover yang penuh presisi dengan mempertahankan desain ikonik Datsun GO+ namun juga unik pada saat yang sama. Hadirnya Datsun Go-cross Concept merupakan bukti nyata konsistensi bahasa desain Datsun, dengan fleksibilitas untuk menciptakan mobil jenis apapun,” ujar Koji Nagano, Executive Design Director, Datsun.

             

Sebagai contoh, Datsun GO-cross Concept memiliki desain bahu meliuk ke atas dengan ‘jentikan’ tegas yang melengkung ke arah tailgate – mengingatkan kepada MPV pendahulunya, tetapi dengan desain yang lebih dinamis dan terdefinisi. Tak dapat dipungkiri bahwa, dalam banyak hal, mobil konsep ini adalah proyek dengan posisi, kepribadian, dan gaya tersendiri...yang mencerminkan bahasa desain Datsun di masa depan.

 

                Bagian grille D-Cut Datsun yang familiar kini berukuran lebih besar, lebih menantang, dan lebih ekspresif. Selain itu, posisinya pun diletakkan lebih ke atas untuk menonjolkan tepian bonnet (hidung mobil) yang lebih tinggi berlapis ‘black-chrome’ (‘krom-hitam’) dramatis yang didesain untuk menegaskan kemampuan mobil yang lebih tangguh. Fitur unik lainnya adalah LED headlights dan LED tail-lights yang berkesan high-tech pada bagian depan dan belakang mobil.

 

Ukuran bonnet (hidung mobil) yang besar dan sisi mobil yang lebih tinggi memberi kesan gagah dan agresif pada mobil konsep crossover ini. Kesan tersebut semakin diperkuat dengan fitur fender ala 4x4 yang lebih lebar dan body-cladding ekstensif. Cladding  diposisikan hingga ke bagian bawah kedua sisi mobil, meliputi underbody guards (pengaman bawah-mobil) pada bagian bawah grille depan dan juga di bawah tailgate pada bagian belakang.

 

Meski tidak dimaksudkan untuk memiliki four-wheel-drive, Datsun GO-cross Concept memiliki ground clearance lebih tinggi dibandingkan Datsun GO+ untuk menempuh medan yang lebih keras dengan kepercayaan diri yang lebih tinggi. Kemampuan ini ditonjolkan melalui alloy wheels (velg alumunium) lima-jari berukuran 17-inci dan underbody guards (pengaman bawah-mobil) yang mempertegas kesan tangguh namun berkelas.

 

Berbeda dengan separuh bagian bawah mobil yang tangguh, separuh bagian atas mobil menonjolkan desain yang lebih dinamis, dengan lengkungan lembut yang juga dapat ditemukan pada bagian jendela samping. Hasilnya adalah siluet mengesankan yang seimbang antara keindahan dengan kemampuan.

 

Di antara fitur praktisnya, terdapat roof rack aerodinamis yang terintegrasi dalam posisi di atap mobil bercat hitam. Atap mobil dihiasi pola grafis yang terinspirasi dari logo Datsun – fitur yang kelak ditawarkan sebagai personalisasi ekstensif mobil.     

 

Agar kian menonjol, Datsun GO-cross Concept dihadirkan dalam warna kuning yang menyolok. Terinspirasi dari alam yang spektakuler, matahari terbit yang megah, burung-burung beterbangan, dan bunga berwarna cerah, GO-cross Concept mengekspresikan antusiasme dan semangat yang luar biasa; sesuai dengan janji yang diusung Datsun dalam komitmennya.

 

“Bagian front-end yang agresif dan modern, bagian bawah yang tangguh, dan desain bagian atas yang indah menghasilkan siluet unik bagi Datsun GO-cross Concept. Tujuan desain ini adalah untuk menarik perhatian berbagai jenis konsumen,” tambah Koji Nagano.

               

 “Meskipun diciptakan untuk para petualang, sama halnya dengan Datsun GO+, mobil konsep crossover kami yang terbaru juga didesain dengan kepraktisan. Terdapat ruang yang lega bagi keluarga dan teman-teman untuk bepergian bersama. Ruang penyimpanan tas/koper bertambah banyak dengan adanya ruang ekstra yang ditawarkan di roof rack. Di sisi lain, ground clearance yang lebih tinggi dan cladding eksterior yang gagah mencerminkan kemampuannya untuk menempuh jalan di daerah perkotaan maupun pedesaan.”

               

“Hasilnya adalah crossover unik berukuran compact yang modern, dapat diandalkan, menyenangkan, dan atraktif… sebuah mobil yang merefleksikan pencapaian pemilikinya dan juga filosofi utama Datsun : Dream, Access, Trust,” tutup Koji Nagano. 

- SELESAI -

Tentang Datsun

Nissan Motor Co., Ltd. mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ketiga, bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012. Datsun mempersembahkan pengalaman berkendara berkelanjutan bagi pelanggan berjiwa muda dan optimis di dalam pasar dengan pertumbuhan tinggi. Datsun mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan. Brand Datsun baru bermakna Dream, Access, Trust. Datsun menawarkan kepemilikan mobil tanpa rasa khawatir dengan biaya kompetitif, pelayanan terjangkau, harga transparan dan prioritas dealer. Kini, mobil Datsun tersedia di India, Indonesia, Rusia, dan Afrika Selatan.

 

Sejarah Datsun

Datsun diperkenalkan pertama kali di Jepang sebagai DAT-GO (mobil DAT) hampir seabad lalu di 1914. Kata DAT bermakna ‘secepat sambaran petir’ dalam bahasa Jepang, namun kata tersebut juga merujuk pada tiga orang penyokong usaha pada saat itu  yaitu Messrs. Den, Aoyama dan Takeuchi – akronim yang diambil dari huruf pertama setiap nama. Menggunakan logika yang sama, mobil tersebut juga dimaknai Durable (Memiliki tingkat ketahanan tinggi), Attractive (Menarik) dan Trustworthy (Dapat dipercaya), atau disingkat DAT.

 

Di tahun 1933, pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, mengambil alih usaha dengan visi “mobilitas untuk semua”. Maka, diperkenalkanlah mobil berbobot ringan, ekonomis namun memiliki fleksibilitas tinggi untuk memenuhi aspirasi  kaum muda Jepang di awal tahun 1930-an yang diberi nama ‘son of DAT’ (anak laki-laki DAT) – Datson – yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal mewujudkan impian sang bapak pendiri.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

                                 

R. I. Hana Maharani

Head of Communications

PT. Nissan Motor Indonesia

P: (021) 858 2323

F: (021) 858 4912

E: hana.m@nissan.co.id

 

Silmy Kania Dewi

PRODIGY PR

P: (021) 2567 5790

F: (021) 2567 5890 

E: silmy@bornprodigy.com