• Ekplorasi kearifan budaya, sosok pahlawan lokal inspiratif, festival rakyat dan kegiatan CSR menjadi agenda DRE 2 bertema ‘Do More Explore More’ yang digelar di sejumlah kota pada Agustus 2016 – Maret 2017.
  • Banda Aceh jadi kota pertama yang disinggahi dalam DRE 2, dan akan ditutup dengan festival rakyat ‘Datsun Galak Loen’ di Tanah Rencong.

Banda Aceh, 26 Agustus 2016 – Hari ini, PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) melalui brand Datsun melepas seri pertama Datsun Risers Expedition (DRE) 2 yang dimulai dari ujung barat Indonesia, yaitu kota Banda Aceh.

 

DRE adalah ekspedisi keliling Indonesia persembahan dari Datsun, untuk membuktikan ketangguhan mobil Datsun GO+ Panca. Tahun lalu, DRE berhasil melewati lebih dari 15 ribu kilometer tanpa berganti mobil, menjadikan Datsun GO+ Panca, produk LCGC pertama yang berkeliling Nusantara.

 

Head of Marketing Datsun Indonesia Christian Gandawinata mengatakan DRE 2 kembali diadakan untuk meningkatkan brand awareness Datsun di Indonesia, khususnya di luar pulau Jawa. “Kami bersemangat mengunjungi Aceh dan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mendukung kampanye ‘Light of Aceh’, yang mempromosikan Aceh sebagai salah satu destinasi wisata halal di dunia. Melalui kegiatan DRE 2, Datsun hadir di tengah-tengah warga Aceh untuk menyelami secara langsung nilai-nilai kebudayaan yang ada, serta mengangkat sosok lokal Aceh yang inspiratif, yang patut membuat Indonesia bangga.”

DRE 2 akan melakukan ekspedisi di Aceh dengan menggunakan 4 mobil Datsun GO+ Panca, terdiri dari 12 risers yang terpilih dari peserta umum yang mendaftar di situs resmi DRE. 

Rangkaian kegiatan Datsun Risers Expedition 2 juga akan ditutup dengan pesta rakyat ‘Datsun Galak Loen’, sebuah mini festival yang mengangkat seni dan kebudayaan khas Aceh. Mini festival yang digelar di Lapangan Blang Padang ini akan menghadirkan tarian, permainan, kuliner, dan musik tradisional khas Aceh.

 

Sejalan dengan tema DRE 2 ‘Do More Explore More’, Datsun juga akan mengangkat sosok pahlawan lokal yang menjadi inspirasi bagi orang-orang sekitarnya. Sosok pahlawan lokal versi Datsun asal Aceh ini bernama Mustafa Kamal, pemenang kompetisi social entrepreneurship Datsun Rising Challenge 2 pada tahun 2015, yang berhasil memanfaatkan potensi alam dengan mengolah garam menjadi aneka pembersih kebutuhan rumah tangga.

 

Mustafa berhasil memberdayakan petani garam dengan mengembangkan aneka produk yang berasal dari garam di daerah pesisir Seunoddon, Aceh Utara, sehingga taraf kehidupan mereka menjadi lebih baik. Produk olahan garam ini nantinya juga akan dipamerkan saat festival rakyat Datsun, sehingga lebih banyak orang dapat memanfaatkan produknya.

 

“Dengan  hadirnya DRE 2, kami ingin terus memberikan akses kepada risers lokal untuk mengenal lebih dalam kebudayaan daerahnya, serta mengapresiasi hasil karya pahlawan lokal dengan mewujudkan mimpi mereka,” tutup Christian.

 

DRE 2 akan hadir di sejumlah pulau di Indonesia mulai dari Agustus 2016 hingga Maret 2017. Selanjutnya, DRE 2 akan menyambangi Pulau Sulawesi, Jawa, Kalimantan, dan pulau-pulau lainnya di Indonesia. Untuk berpartisipasi di DRE 2, risers bisa mengunjungi situs www.datsun.co.id/dre.

 

DATSUN RISERS EXPEDITION 2 - ETAPE ACEH

-SELESAI-

Tentang Datsun

Nissan Motor Co., Ltd. mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ketiga, bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012. Datsun mempersembahkan pengalaman berkendara berkelanjutan bagi pelanggan berjiwa muda dan optimis di dalam pasar yang kian berkembang dengan pesat. Datsun mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan. Mobil Datsun akan mulai dijual di India, Indonesia, dan Rusia pada tahun 2014.

 

Sejarah Datsun

Datsun diperkenalkan pertama kali di Jepang sebagai DAT-GO (mobil DAT) hampir seabad lalu di 1914. Kata DAT bermakna ‘secepat sambaran petir’ dalam bahasa Jepang, namun kata tersebut juga merujuk pada tiga orang penyokong usaha pada saat itu  yaitu Messrs. Den, Aoyama dan Takeuchi – akronim yang diambil dari huruf pertama setiap nama. Menggunakan logika yang sama, mobil tersebut juga dimaknai Durable (Memiliki tingkat ketahanan tinggi), Attractive (Menarik) dan Trustworthy (Dapat dipercaya), atau disingkat DAT. Di tahun 1933, pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, mengambil alih usaha dengan visi “mobilitas untuk semua”. Maka, diperkenalkanlah mobil berbobot ringan, ekonomis namun memiliki fleksibilitas tinggi untuk memenuhi aspirasi  kaum muda Jepang di awal tahun 1930-an yang diberi nama ‘son of DAT’ (anak laki-laki DAT) – Datson – yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal mewujudkan impian sang bapak pendiri.

 

Tentang PT. Nissan Motor Indonesia

PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) didirikan pada tahun 2001, beroperasi dalam bidang penjualan, distribusi, juga suku cadang resmi Nissan, serta menjalankan layanan purna jual di Indonesia. NMI menghadirkan rangkaian produk yang kompetitif dengan segmen kendaraan terlengkap. Di akhir tahun fiskal 2014, NMI berhasil meraih penjualan 53.960 unit dengan pangsa pasar 4,7%. Saat ini NMI memiliki 116 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia dan memiliki pabrik di Purwakarta, Jawa Barat dengan kapasitas produksi 90.000, dan akan terus meningkat hingga 250.000 pada tahun 2016, yang diiringi dengan peningkatan jumlah pekerja mencapai 3.300.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

R. I. Hana Maharani                                         

Head of Communications

PT. Nissan Motor Indonesia

P: (021) 858 2323

F: (021) 858 4912

E: hana.m@nissan.co.id

 

Jagad Sidhayodha

Public Relations Datsun Indonesia

P: (021) 858 2323

F: (021) 858 4912

E: jagad.s@datsun.co.id