Posted : 7 September 2015

  • Uji ketangguhan Datsun GO+ Panca melalui perjalanan inspiratif wisata alam, budaya, sejarah dan kegiatan sosial.
  • Datsun akan kunjungi Manado, Gorontalo, Palu, Toraja dan  Makasar bersama puluhan risers terpilih.

MANADO, INDONESIA (7 September 2015) PT Nissan Motor Indonesia (NMI) melalui brand Datsun kembali melanjutkan perjalanan inspiratif keliling Indonesia, “Datsun Risers Expedition” (DRE) gelombang ke-2 yang akan dilakukan di Sulawesi mulai hari ini. Etape pertama akan melalui rute Manado ke Gorontalo, dilanjutkan Palu ke Toraja di etape kedua dan diakhir dengan perjalanan dari Makasar ke Toraja dalam etape ketiga. Puluhan risers yang diseleksi dari ratusan pendaftar, akan menguji ketangguhan mobil Datsun GO+ Panca secara bergantian dalam ekspedisi epik yang pertama kalinya dilakukan oleh produk LCGC (Low Cost Green Car) di Indonesia.

 

Saat melepas melepas rombongan DRE etape Manado – Gorontalo di dealer Nissan-Datsun Martadinata Manado, Hana Maharani, Head of Communications NMI mengatakan, “Datsun Risers Expedition gelombang pertama pada bulan Mei – Juni lalu, memperoleh sambutan yang sangat positif dari risers di Indonesia. Kami telah melewati 56 kota di Jawa – Bali – Lombok dengan total lebih dari 3.000 km dan mendonasikan ribuan buku bagi ratusan anak di kota-kota yang kami lewati. Kini kami melanjutkan DRE di Sulawesi, untuk kembali menguji ketangguhan Datsun GO+ Panca, mengunjungi jaringan dealer Datsun yang luas, mengeksplorasi potensi wisata di Sulawesi, sambil tidak lupa melakukan kegiatan sosial yang inspiratif”.

 

DRE merupakan perjalanan inspiratif untuk mengupas keindahan nusantara yang telah dilakukan sejak bulan Mei 2015 – bertepatan dengan perayaan satu tahun peluncuran Datsun di Indonesia – dengan tujuan menempuh lebih dari 10.000 KM dengan melibatkan 500 risers dalam konvoi mobil Datsun dan melewati ratusan kota di puluhan provinsi di Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan dan Sumatera. Sesuai dengan semangat Dream - Access - Trust, Datsun ingin memberikan kesempatan kepada risers di seluruh Indonesia untuk mengenal Datsun lebih dekat, menguji ketangguhan Datsun GO+ Panca, menunjukkan luasnya jaringan dealer Datsun di seluruh Indonesia dan berkontribusi dalam kegiatan sosial.

 

DRE gelombang ke-2 di Sulawesi akan memulai perjalanan etape pertamanya dari Manado menuju Gorontalo. Rombongan etape 1 ini melibatkan 18 risers dengan konvoi 6 mobil Datsun, di mana mereka akan menempuh beragam kondisi jalan yang menantang untuk pengujian ketangguhan Datsun GO+ Panca dan melewati sejumlah destinasi menarik, seperti Danau Linow di Tomohon, Cagar Alam Waruga di Minahasa dan situs bersejarah Benteng Otonaha di Gorontalo. Dalam perjalanan, risers juga akan mengunjungi jaringan dealer Datsun di Sulawesi dan terlibat aktif dalam kegiatan sosial inspiratif, berupa donasi buku bacaan dan alat tulis kepada sekolah/taman bacaan yang membutuhkan dan kegiatan bercerita (storytelling).

 

Risers peserta DRE dianjurkan untuk berbagi cerita menarik selama perjalanan melalui media sosial dengan tujuan untuk mengenalkan potensi wisata dari tempat-tempat yang dikunjungi selama perjalanan kepada publik secara luas. Datsun juga mengajak risers yang tidak ikut dalam DRE untuk turut berbagi semangat perjalanan dengan berpartisipasi dalam kuis di twitter @ID_Datsun. Datsun akan melakukan sejumlah kuis menarik di www.datsunrisersexpedition.com – dengan beragam hadiah jutaan voucher belanja.

 

“Semangat untuk meningkatkan kecintaan terhadap keanekaragaman budaya Indonesia diharapkan dapat ditularkan oleh peserta DRE kepada risers lainnya di seluruh Indonesia melalui kampanye di media sosial. Sebagai merek global dengan produk lokal yang diinspirasi dari Indonesia, kami bangga dapat menjadi produk LCGC pertama yang melakukan perjalanan keliling Indonesia”, tutup Hana. 

-SELESAI-

Tentang Datsun

Nissan Motor Co., Ltd. mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ketiga, bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012. Datsun mempersembahkan pengalaman berkendara berkelanjutan bagi pelanggan berjiwa muda dan optimis di dalam pasar yang kian berkembang dengan pesat. Datsun mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan. Mobil Datsun akan mulai dijual di India, Indonesia, dan Rusia pada tahun 2014.

 

Sejarah Datsun

Datsun diperkenalkan pertama kali di Jepang sebagai DAT-GO (mobil DAT) hampir seabad lalu di 1914. Kata DAT bermakna ‘secepat sambaran petir’ dalam bahasa Jepang, namun kata tersebut juga merujuk pada tiga orang penyokong usaha pada saat itu  yaitu Messrs. Den, Aoyama dan Takeuchi – akronim yang diambil dari huruf pertama setiap nama. Menggunakan logika yang sama, mobil tersebut juga dimaknai Durable (Memiliki tingkat ketahanan tinggi), Attractive (Menarik) dan Trustworthy (Dapat dipercaya), atau disingkat DAT. Di tahun 1933, pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, mengambil alih usaha dengan visi “mobilitas untuk semua”. Maka, diperkenalkanlah mobil berbobot ringan, ekonomis namun memiliki fleksibilitas tinggi untuk memenuhi aspirasi  kaum muda Jepang di awal tahun 1930-an yang diberi nama ‘son of DAT’ (anak laki-laki DAT) – Datson – yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal mewujudkan impian sang bapak pendiri.

 

Tentang PT. Nissan Motor Indonesia

PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) didirikan pada tahun 2001, beroperasi dalam bidang penjualan, distribusi, juga suku cadang resmi Nissan, serta menjalankan layanan purna jual di Indonesia. NMI menghadirkan rangkaian produk yang kompetitif dengan segmen kendaraan terlengkap. Di akhir tahun fiskal 2014, NMI berhasil meraih penjualan 53.960 unit dengan pangsa pasar 4,7%. Saat ini NMI memiliki 116 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia dan memiliki pabrik di Purwakarta, Jawa Barat dengan kapasitas produksi 90.000, dan akan terus meningkat hingga 250.000 pada tahun 2016, yang diiringi dengan peningkatan jumlah pekerja mencapai 3.300.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

 

R. I. Hana Maharani                                         

Head of Communications

PT. Nissan Motor Indonesia

P: (021) 858 2323

F: (021) 858 4912

E: hana.m@nissan.co.id

 

Silmy Kania Dewi

PRODIGY PR

P: (021) 2567 5790

F: (021) 2567 5890

E: Silmy@bornprodigy.com