Posted: 15 Mei 2016

BANDUNG, INDONESIA (15 Mei 2016) - Hari ini, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menggelar Datsun Day 2016, kegiatan untuk memperingati dua tahun kehadiran Datsun di Indonesia sejak kehadirannya kembali di 2014, sekaligus untuk memberikan apresiasi bagi pemilik mobil Datsun.

 

Datsun Day 2016, yang diadakan di Bandung, didekasikan untuk risers pencinta dan pemilik mobil Datsun di Indonesia - tidak hanya pemilik mobil Datsun GO+ Panca dan Datsun GO Panca, tetapi juga pemilik mobil Datsun retro. Kegiatan ini diikuti lebih dari 500 mobil Datsun berbagai model, dengan jumlah peserta lebih dari 2.000 risers dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Shinkichi Izumi selaku Vice President NMI mengatakan, "Datsun Day adalah cara kami untuk berbagi kegembiraan bersama para risers yang telah mendukung Datsun sejak awal. Besarnya dukungan risers dari seluruh Indonesia adalah kunci keberhasilan yang kami raih hingga saat ini, dan itu adalah aset yang sangat berharga bagi Datsun untuk terus berkembang di masa depan”.

 

Beberapa penghargaan telah diraih Datsun selama dua tahun kehadirannya di Indonesia, antara lain menjadi satu-satunya produsen LCGC yang memasarkan kendaraan MPV 5+2 di segmen LCGC, meluncurkan dan sukses menjual lebih dari 56.000 unit Datsun GO+ Panca dan GO Panca di seluruh Indonesia hanya dalam kurun waktu dua tahun, peringkat ke-3 di tahun pertama keikutsertaan Datsun pada survey J.D. Power Indonesia Sales Satisfaction Index 2015.

         

Selain itu, Datsun juga menerima beberapa penghargaan dan pengakuan dari lembaga yang kredibel dan media, yaitu: "WOW Award" untuk kategori LCGC dari MarkPlus di IIMS 2014; "LCGC Hatchback Terbaik" untuk Datsun GO Panca di Indonesia International Motor Show 2015; "Indonesia Value-for-Money Car of the Year" untuk Datsun GO+ Panca (Frost & Sullivan Automotive Awards 2016).

Izumi melanjutkan, “Datsun adalah merek global yang mengubah mimpi kepemilikan mobil menjadi kenyataan. Filosofi dari mewujudkan mimpi diterjemahkan kedalam beragam inisiatif program yang bertujuan menginspirasi risers dan membuka peluang baru dalam hidup, seperti Datsun Risers Expedition, Datsun Rising Challenge, Datsun Rising Hope, reality TV show Pemburu Mimpi dan juga Datsun Day ".

 

          Indriani Hadiwidjaja selaku Head of Datsun Indonesia mengatakan, “Kami sangat antusias bertemu banyak pecinta setia Datsun di Datsun Day 2016. Setelah tahun lalu dilakukan di Jakarta, tahun ini kami memiliki Bandung sebagai lokasi Datsun Day, karena besarnya komunitas pecinta dan pemilik mobil Datsun di kota kembang; selain juga Bandung merupakan symbol dari semangat jiwa muda risers yang kreatif dan ingin mewujudkan mimpi mereka”.

                                                                                       

Indri menjelaskan konsep di balik Datsun Day 2016, yang mengambil tema Funventure, adalah membangun dan berbagi semangat  Dream-Access-Trust dengan risers dan keluarganya, "Perayaan Funventure adalah cerminan semua program breakthrough yang pernah Datsun lakukan. Karena itulah perayaan hari ini terbagi dalam zona Datsun Risers Expedition, zona Datsun Rising Hope, dan zona Datsun Rising Challenge, yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga".

         

          Datsun telah menyiapkan serangkaian kegiatan yang menarik untuk memastikan para risers memiliki pengalaman yang mengesankan pada Datsun Day 2016. Fun slalom, games, kids corner, mommies corner, bazaar, safety talks, dan kesempatan untuk bertemu pemain PERSIB adalah satu di antara beberapa serangkaian kegiatan yang digelar. Funventure juga akan menampilkan bintangtamu, Ayu Ting-Ting untuk menghibur para risers.

 

"Kami menantikan momen bertemu para risers di Datsun Day hari ini, sebagai ungkapan terima kasih kepada mereka yang telah mendukung  kami dan bersama-sama menikmati kegembiraan bersama keluarga”, tutup Indri.

 

- SELESAI -

Tentang Datsun

Nissan Motor Co., Ltd. mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ketiga, bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012. Datsun mempersembahkan pengalaman berkendara berkelanjutan bagi pelanggan berjiwa muda dan optimis di dalam pasar yang kian berkembang dengan pesat. Datsun mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan. Mobil Datsun akan mulai dijual di India, Indonesia, dan Rusia pada tahun 2014.

 

Sejarah Datsun

Datsun diperkenalkan pertama kali di Jepang sebagai DAT-GO (mobil DAT) hampir seabad lalu di 1914. Kata DAT bermakna ‘secepat sambaran petir’ dalam bahasa Jepang, namun kata tersebut juga merujuk pada tiga orang penyokong usaha pada saat itu  yaitu Messrs. Den, Aoyama dan Takeuchi – akronim yang diambil dari huruf pertama setiap nama. Menggunakan logika yang sama, mobil tersebut juga dimaknai Durable (Memiliki tingkat ketahanan tinggi), Attractive (Menarik) dan Trustworthy (Dapat dipercaya), atau disingkat DAT. Di tahun 1933, pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, mengambil alih usaha dengan visi “mobilitas untuk semua”. Maka, diperkenalkanlah mobil berbobot ringan, ekonomis namun memiliki fleksibilitas tinggi untuk memenuhi aspirasi  kaum muda Jepang di awal tahun 1930-an yang diberi nama ‘son of DAT’ (anak laki-laki DAT) – Datson – yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal mewujudkan impian sang bapak pendiri.

 

Tentang PT. Nissan Motor Indonesia

PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) didirikan pada tahun 2001, beroperasi dalam bidang penjualan, distribusi, juga suku cadang resmi Nissan, serta menjalankan layanan purna jual di Indonesia. NMI menghadirkan rangkaian produk yang kompetitif dengan segmen kendaraan terlengkap. Di akhir tahun fiskal 2014, NMI berhasil meraih penjualan 53.960 unit dengan pangsa pasar 4,7%. Saat ini NMI memiliki 116 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia dan memiliki pabrik di Purwakarta, Jawa Barat dengan kapasitas produksi 90.000, dan akan terus meningkat hingga 250.000 pada tahun 2016, yang diiringi dengan peningkatan jumlah pekerja mencapai 3.300.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

R. I. Hana Maharani                                         

Head of Communications

PT. Nissan Motor Indonesia

P: (021) 858 2323

F: (021) 858 4912

E: hana.m@nissan.co.id

 

Silmy Kania Dewi

PRODIGY PR

P: (021) 2567 5790

F: (021) 2567 5890

E: Silmy@bornprodigy.com