YOKOHAMA, JEPANG (23 Januari 2018) – Datsun telah meraih pencapaian penjualan 300.000 unit di seluruh dunia, terhitung sejak penjualan mobil Datsun pertama di abad ke-21, yakni Datsun GO, di India. 

“Datsun merayakan tonggak sejarah baru – 300.000 pelanggan telah memilih mobil Datsun sejak kembalinya merek ini pada Maret 2014. Ini adalah periode yang singkat dalam perjalanan sejarah kendaraan, apapun mereknya – namun sejak awal, kami telah membangun fondasi yang kuat untuk pertumbuhan masa depan,” ujar Jose Roman, Corporate Vice President & Global Head of Datsun.

“Merek yang kuat bukan dibangun oleh perusahaan, melainkan oleh orang-orang yang ada di dalamnya. Mereka yang memproduksi kendaraan tersebut, mereka yang mengendarainya sehari-hari dan mereka yang membuat pengalaman memilikinya menjadi sesuatu yang berharga. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta dalam perjalanan Datsun hingga kini. Kami juga berkomitmen untuk terus memperkaya pengalaman pelanggan bersama Datsun”, lanjut Jose.

Dalam waktu kurang dari empat tahun sejak memulai produksinya, Datsun telah memperkenalkan 5 model baru. Hari ini, Datsun memproduksi mobil di 3 pabrik yang berlokasi di India, Rusia, dan Indonesia.

Sampai dengan Januari 2018, Datsun telah hadir di 14 pasar global, termasuk India, Indonesia, Rusia, dan Afrika Utara – yang merupakan empat pasar utama pertama dan terbesar untuk Datsun.

Datsun terus berupaya mengembangkan dan memperbarui produk dan fitur unggulannya untuk pelanggan. Sebagai contoh, Datsun redi-GO urban cross yang menjadi mobil laris di India. Mobil ini diluncurkan pada Juni 2016, dan sejak itu Datsun telah memperkenalkan sejumlah versi khusus, salah satunya dilengkapi dengan mesin yang lebih kuat pada Juli 2017. Datsun kini sedang mempersiapkan peluncuran versi baru lagi yang dilengkapi transmisi AMT pada bulan ini.

Di Rusia, Datsun baru saja meluncurkan mesin 16v yang lebih bertenaga, untuk Datsun on-DO dan Datsun mi-DO.

Pembaruan produk Datsun secara global juga diterapkan di Indonesia, dengan diluncurkannya compact cross-over, Datsun CROSS pada minggu lalu. Datsun CROSS mendapatkan inspirasinya dari gaya hidup pelanggan Indonesia yang dinamis mengikuti tren dunia.

Dari namanya saja, “CROSS”, mencerminkan karakter gandanya; yakni mampu mendukung kegiatan sehari-hari dengan mudah, namun juga siap untuk mengambil petualangan baru bila diminta.

Dalam rangka merayakan pertumbuhan Datsun, tahun lalu telah diluncurkan kampanye #Datsunlove Roadtrip. Program ini mendorong para pemilik mobil Datsun untuk mengajak calon pembeli potensial, kerabat dan anggota keluarga untuk mencoba mobil Datsun dan berbagi pengalaman berkesan di media sosial dengan tagar #Datsunlove. 

-SELESAI-

Tentang Datsun

Nissan Motor Co., Ltd. mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ketiga, bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012. Datsun mempersembahkan pengalaman berkendara berkelanjutan bagi pelanggan berjiwa muda dan optimis di dalam pasar yang kian berkembang dengan pesat. Datsun mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan. Mobil Datsun dijual di India, Indonesia, Rusia, dan Afrika Selatan sejak tahun 2014.

 

Sejarah Datsun

Datsun diperkenalkan pertama kali di Jepang sebagai DAT-GO (mobil DAT) hampir seabad lalu di 1914. Kata DAT bermakna ‘secepat sambaran petir’ dalam bahasa Jepang, namun kata tersebut juga merujuk pada tiga orang penyokong usaha pada saat itu yaitu Messrs. Den, Aoyama dan Takeuchi – akronim yang diambil dari huruf pertama setiap nama. Menggunakan logika yang sama, mobil tersebut juga dimaknai Durable (Memiliki tingkat ketahanan tinggi), Attractive (Menarik) dan Trustworthy (Dapat dipercaya), atau disingkat DAT. Di tahun 1933, pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, mengambil alih usaha dengan visi “mobilitas untuk semua”. Maka, diperkenalkanlah mobil berbobot ringan, ekonomis namun memiliki fleksibilitas tinggi untuk memenuhi aspirasi kaum muda Jepang di awal tahun 1930-an yang diberi nama ‘son of DAT’ (anak laki-laki DAT) – Datson – yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal mewujudkan impian sang bapak pendiri. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Datsun Indonesia, silahkan mengunjungi www.datsun.co.id, twitter @id_datsun, dan Facebook Datsun Indonesia.

  

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

 

R. I. Hana Maharani

Head of Communications

PT. Nissan Motor Indonesia

P: (021) 858 2323

F: (021) 858 4912

E: hana.m@nissan.co.id