Yogyakarta, Indonesia (3 Mei 2018) – Datsun CROSS melanjutkan perjalanan test drive #BEALIFECHALLENGER di Yogyakarta pada hari ini.

Petualangan di hari pertama telah membuktikan kemampuan Datsun CROSS menghadapi beragam situasi jalan di luar kota. Selama perjalanan dari pusat kota menuju ke daerah Wonosari, compact crossover tersebut piawai melewati berbagai rintangan; jalanan berbatu, berangin, hingga tikungan tajam.

“Kami ingin peserta merasakan keunggulan Datsun CROSS di beragam situasi berkendara, baik di luar dan dalam kota”, ujar Masato Nakamura, Head of Datsun Indonesia. “Perjalanan di hari kedua akan mengajak peserta membuktikan kelincahan Datsun CROSS di dalam kota, sekaligus mencoba tantangan baru untuk menelusuri kembali keindahan budaya Yogyakarta”.

Di sepanjang sejarahnya, Datsun telah memproduksi mobil-mobil yang tangguh, awet, dan memiliki desain yang menarik. Datsun CROSS, sebagai generasi terbaru dari Datsun, mewarisi DNA yang sama. Mobil ini dikembangkan dengan desain yang menarik untuk pelanggan masa kini, yang ingin menikmati pengalaman mengendarai mobil yang canggih, dengan sederet teknologi mutakhir.

Setelah perjalanan yang menarik dan petualangan seru dalam berlatih berselancar di Pantai Ngandong kemarin, Datsun CROSS hari ini mengajak peserta menelusuri jalanan di dalam kota Yogyakarta, mengunjungi tempat-tempat menarik sembari mempelajari dan mengapresiasi suguhan budaya yang masih eksis hingga sekarang. Benang merah antara masa lalu yang istimewa dan kedinamisan gaya hidup masa kini membantu peserta untuk mengapresiasi evolusi dari mobil-mobil Datsun.

Datsun CROSS pun menjelajahi sejumlah tempat menarik di Yogyakarta; Studio Sinten, Joglo Plawang dan Omah Petroek. Di berbagai lokasi ini, Datsun mengajak peserta berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan menarik. Di Studio Sinten, peserta mencoba foto ala tempo dulu dengan pakaian Jawa yang khas. Siang harinya di Joglo Plawangan, peserta belajar meracik jamu tradisional, minuman tradisional yang hingga kini tetap menjadi minuman favorit yang khas untuk memelihara kesehatan tubuh. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan mengenal seni dan budaya di Omah Petroek.

Selama perjalanan, Datsun CROSS kembali menunjukkan kelincahannya mengarungi jalanan kota Yogyakarta yang padat dan sibuk. Peserta dapat menikmati akselerasi yang mulus dan responsif yang dihasilkan oleh XTRONIC CVT (Continuously Variable Transmission). Teknologi CVT ini semakin meningkatkan kemampuan berkendara dan kenyamanan. Selain mudah dikendarai dan pergantian gear-nya lebih halus, sistem transmisi ini juga sangat hemat bahan bakar, menawarkan kinerja yang lebih baik, memiliki sedikit bagian bergerak, dan lebih tahan lama, lebih ringan dan lebih ringkas daripada gearbox otomatis konvensional.

Body panel Datsun CROSS yang solid dengan lebih banyak insulasi yang dipasang di sekelilingnya, mampu meredam kebisingan dari luar dan menciptakan suasana kabin yang senyap. Selain itu, penumpang tidak perlu merasa bosan karena adanya head unit dengan layar sentuh audio berukuran 6,75 inci yang dapat terkoneksi lewat Bluetooth, AUX, USB, serta Smartphone.

Datsun CROSS juga menyediakan roof rail yang kokoh dengan kapasitas 30 kilogram untuk perjalanan jarak jauh. Fitur ini sangat bermanfaat untuk membawa banyak barang bawaan, sekaligus menambah kepraktisan mobil.

Untuk penunjang keselamatan, Datsun CROSS dilengkapi dengan Vehicle Dynamics Control (VDC) untuk membantu pengemudi mengendalikan kendaraannya. Fitur ini meliputi traction control system (TCS), anti-lock braking system (ABS) dengan electronic brake distribution (EBD), dan brake-limited slip differential (B-LSD). Selain itu, terdapat pula airbag ganda di depan, lampu depan otomatis, dan peringatan sabuk keselamatan.

Datsun CROSS telah menuntaskan petualangannya di Yogyakarta bersama media hari ini. Konsumen yang ingin mencoba Datsun CROSS dapat mengunjungi dan membuat janji test drive di seluruh dealer Datsun di Indonesia.

-SELESAI-

Tentang Datsun

Nissan Motor Co., Ltd. mengumumkan kembalinya Datsun, brand global Nissan yang ketiga, bersama-sama dengan Nissan dan Infiniti di bulan Maret 2012. Datsun mempersembahkan pengalaman berkendara berkelanjutan bagi pelanggan berjiwa muda dan optimis di dalam pasar yang kian berkembang dengan pesat. Datsun mewakili keahlian perakit mobil Jepang yang telah teruji selama 80 tahun dan bagian penting dari DNA Nissan. Mobil Datsun dijual di India, Indonesia, Rusia, dan Afrika Selatan sejak tahun 2014.

 

Sejarah Datsun

Datsun diperkenalkan pertama kali di Jepang sebagai DAT-GO (mobil DAT) hampir seabad lalu di 1914. Kata DAT bermakna ‘secepat sambaran petir’ dalam bahasa Jepang, namun kata tersebut juga merujuk pada tiga orang penyokong usaha pada saat itu yaitu Messrs. Den, Aoyama dan Takeuchi – akronim yang diambil dari huruf pertama setiap nama. Menggunakan logika yang sama, mobil tersebut juga dimaknai Durable (Memiliki tingkat ketahanan tinggi), Attractive (Menarik) dan Trustworthy (Dapat dipercaya), atau disingkat DAT. Di tahun 1933, pendiri Nissan, Yoshisuke Aikawa, mengambil alih usaha dengan visi “mobilitas untuk semua”. Maka, diperkenalkanlah mobil berbobot ringan, ekonomis namun memiliki fleksibilitas tinggi untuk memenuhi aspirasi kaum muda Jepang di awal tahun 1930-an yang diberi nama ‘son of DAT’ (anak laki-laki DAT) – Datson – yang kemudian diganti menjadi Datsun. Kemampuan teknologi mesin lokal dan produksi massal mewujudkan impian sang bapak pendiri. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Datsun Indonesia, silahkan mengunjungi www.datsun.co.id, twitter @id_datsun, dan Facebook Datsun Indonesia.

  

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

 

R. I. Hana Maharani

Head of Communications

PT. Nissan Motor Indonesia

P: (021) 858 2323

F: (021) 858 4912

E: hana.m@nissan.co.id