1. Apakah yang dimaksud dengan ‘Datsun Rising Challenge 2’?

‘Datsun Rising Challenge 2’ merupakan sebuah kompetisi bisnis sosial bagi para risers, kaum muda yang berumur 20 – 35 tahun untuk dapat berkontribusi bagi solusi permasalahan sosial yang ada di Indonesia.

 

2. Apakah yang dimaksud dengan social entrepreneurship?

Social entrepreneurship menggabungkan inovasi, sumber daya dan kesempatan untuk mengatasi tantangan dan masalah sosial melalui kewirausahaan, dengan tujuan perubahan yang berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat dimana usaha tersebut dijalankan.

3. Mengapa saya harus ikut berpartisipasi dalam ‘Datsun Rising Challenge 2’?

Dengan ikut dalam kompetisi ini, peserta mendapatkan kesempatan untuk memenangkan hadiah modal usaha sejumlah Rp 50.000.000,- dan 1 unit Datsun Go+ Panca, masa inkubasi dengan bimbingan dari mentor yang terpercaya untuk dapat merealisasikan ide wirausaha sosialmu menjadi kenyataan dan bermanfaat bagi Indonesia.

4. Saya memiliki ide bisnis sosial, namun belum mendapat kesempatan untuk merealisasikannya. Apakah ide ini dapat ikut serta dalam ‘Datsun Rising Challenge 2’?

Ya, ide bisnis sosial yang belum dijalankan dapat ikut serta dalam kompetisi ini. Bagi ide bisnis sosial yang sedang atau pernah dijalankan, dapat ikut serta dalam kompetisi ini selama masih belum berbadan hukum secara legal.

Kompetisi ini terbuka bagi pada risers yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dan bertempat tinggal di wilayah Indonesia, berumur 20-35 tahun dengan ide orisinil bisnis sosial.

5. Berapa banyak jumlah orang yang dibatasi dalam satu tim, untuk setiap aplikasi pendaftaran?

Tidak ada batasan minimum dan maksimum bagi jumlah orang dalam satu team. Kompetisi ‘Datsun Rising Challenge 2’ terbuka untuk aplikasi pendaftaran secara individual maupun tim.

6. Apakah diperbolehkan untuk mengirimkan lebih dari 1 proposal bisnis?

Tiap peserta/nama yang menjadi perwakilan tim hanya diperbolehkan mengirimkan 1 (satu) proposal bisnis. Namun, peserta tersebut dapat bergabung dengan tim lainnya dan tidak diperbolehkan menjadi perwakilan tim lainnya.

7. Apabila saya pernah mendaftar dan berpartisipasi dalam ‘Datsun Rising Challenge’ sebelumnya dan tidak lolos, apakah saya bisa mengikuti kompetisi ini?

Ya

8. Apakah ada format khusus untuk pengiriman email dan nama file untuk berpartisipasi dalam ‘Datsun Rising Challenge 2’?

Proposal dikirimkan melalui formulir online dan harus mengikuti ketentuan dan tampilan yang sudah ditentukan. Unduh formulir pendaftaran untuk pengisian data dan proposal.

Pengiriman dokumen hanya diperbolehkan via email atau surat elektronik ke breakthrough@datsun.co.id dengan subject surat elektronik “DRC 2 – Nama Lengkap”; file proposal hanya dapat dikirimkan dalam format PDF maksimum 6MB dengan penamaan sebagai berikut “Nama Kota - Nama Lengkap - Nama Produk/Jasa”. Tidak diperkenankan mengirimkan dokumen kompetisi dalam bentuk fisik ke Dealer maupun kantor Datsun Indonesia.

9. Apabila kategori wirausaha sosial yang dimiliki tidak tercantum pada form, apakah dapat tetap mendaftar?

Ya, pendaftaran dapat tetap dilakukan walaupun ide wirausaha sosial yang dimiliki tidak termasuk dalam kategori pilihan dan dapat mencantumkan fokus wirausaha sosialnya pada bagian ‘lainnya’ pada form registrasi.

10. Apabila kompetisi ‘Datsun Rising Challenge 2’ hanya terbatas pada ide wirausaha sosial baru saja ataukah dapat menggunakan ide wirausaha sosial yang telah ikut dalam kompetisi wirausaha lainnya?

Ide wirausaha sosial yang belum berbadan hukum secara legal dan belum pernah terpilih menjadi pemenang dalam kompetisi wirausaha sosial lainnya dapat turut serta dalam ‘Datsun Rising Challenge 2’.

11. Apabila terpilih menjadi 20 (dua puluh) finalis, apakah biaya akan ditanggung oleh pihak panitia untuk transportasi dan akomodasi ke Jakarta?

Biaya transportasi (dari kota asal ke Jakarta dan kembalinya) dan biaya akomodasi untuk 1 orang dari setiap anggota tim akan ditanggung oleh pihak panitia. Tidak diperkenankan untuk menambah orang dari anggota tim untuk ikut dalam proses inkubasi, walaupun dengan tanggungan biaya sendiri.

12. Apabila terpilih sebagai 1 (satu) dari 5 (lima) pemenang ‘Datsun Rising Challenge 2’, apakah biaya akan ditanggung oleh pihak panitia untuk transportasi dan akomodasi ke Jakarta untuk menghadiri ‘The Dream Night’?

Pihak panitia hanya menanggung biaya transportasi dan akomodasi untuk 1 orang untuk ikut dalam masa inkubasi dan menghadiri ‘The Dream Night’. Apabila ada lebih dari 1 orang dari anggota tim yang ingin ikut serta dalam malam penyerahan hadiah atau ‘The Dream Night’ maka anggota tim tambahan dapat hadir dengan biaya sendiri dan wajib memberitahukan perihal rencana partisipasinya pada panitia ‘Datsun Rising Challenge 2’

13. Apa saja yang menjadi aspek penilaian dari para juri untuk ‘Datsun Rising Challenge 2’?

Kreatifitas dan orisinalitas ide bisnis sosial

Kontribusi/dampak sosial yang dapat dicapai

Relevansi ide bisnis sosial

Skema profit dan rencana keberlanjutan/sustainability

14. Apabila telah berpartisipasi dalam ‘Datsun Rising Challenge 2’ dan tidak terpilih menjadi 100 (seratus) semi finalis, bagaimana kebijakan mengenai ide bisnis sosial yang telah diserahkan?

‘Datsun Rising Challenge 2’ menjamin kerahasiaan dari seluruh data dan ide wirausaha sosial yang ikut berpartisipasi dalam ‘Datsun Rising Challenge 2’. Seluruh data tidak akan digunakan kecuali untuk kepentingan kompetisi.

Kapankah waktu pengumuman kompetisi ‘Datsun Rising Challenge 2’ pada setiap tahapannya?

Hasil eliminasi tahap pertama dengan total 100 (seratus) semi-finalis akan diumumkan pada tanggal 6 February 2016 dan informasi lengkap total 20 (dua puluh) finalis akan diumumkan pada tanggal 19 February 2016. Program karantina dari aktivitas 'Datsun Rising Challenge 2' akan diadakan pada tanggal 22 - 26 February 2016 dan diakhiri dengan pengumuman 5 (lima) pemenang dari ‘Datsun Rising Challenge 2’ pada tanggal 26 February 2016 melalui website Datsun Indonesia www.datsun.co.id/drc dan akun Facebook Datsun Indonesia https://www.facebook.com/Datsun.Indonesia atau Twitter Datsun Indonesia (@ID_Datsun) atau akun Instagram Datsun Indonesia (@ID_Datsun).

Apakah peserta yang telah terpilih menjadi finalis dan tidak dapat hadir dalam karantina dapat digantikan oleh teman dalam satu tim ataupun keluarga?

Peserta yang terpilih menjadi salah satu dari 20 (dua puluh) finalis tidak dapat digantikan oleh anggota tim ataupun keluarga dalam masa karantina. Hanya nama peserta yang terdaftar pada proposal ‘Datsun Rising Challenge 2’ berhak untuk ikut dalam masa karantina. Peserta yang tidak dapat hadir akan digantikan dengan kandidat finalis lainnya yang telah memenuhi kriteria dari panitia seleksi ‘Datsun Rising Challenge 2’.