ARTIKEL DATSUN

Mudik Lebaran dengan mobil kesayangan tentu sudah sering Anda lakukan, Risers. Perjalanan panjang dan macet tak pernah jadi halangan untuk bertemu kembali dengan keluarga di kampung halaman. Meski sudah berkali-kali mudik dengan mobil pribadi, namun tak ada salahnya untuk tetap melakukan persiapan matang demi kenyamanan selama perjalanan. Dari tips di bawah ini, yang mana yang selalu Anda lakukan, Risers?

 

Menyelesaikan kegiatan “packing” lebih cepat

Dengan menyelesaikan kegiatan “packing” 3-2 hari sebelum mudik , Anda akan punya waktu untuk mengecek kembali bawaan Anda secara detail dan melengkapi bila ada kekurangan. Anda juga jadi punya waktu lebih untuk beristirahat.

Istirahat yang cukup

Apakah Anda adalah pengemudi atau penumpang saat mudik nanti, Risers? Yang manapun, Anda tetap harus cukup beristirahat sebelum perjalanan.  

Membawa obat-obatan dan kantung mabuk udara

Bila Anda atau anggota keluarga Anda mudah mabuk perjalanan, ada baiknya membawa obat-obatan ringan seperti minyak angin, obat sakit kepala, atau kantung mabuk udara.

Memastikan “gadget” berfungsi dengan baik

Pastikan daya “gadget” Anda sudah terisi penuh dan berfungsi dengan baik. Selain sebagai alat komunikasi, “gadget” Anda nantinya juga akan berguna untuk mencari jalan alternatif atau bahkan sarana hiburan saat berada di perjalanan.

Periksa keamanan rumah sebelum berangkat

Matikan seluruh sumber daya dan sumber api sebelum Anda pergi. Jangan lupa mengunci rumah bila tidak ada orang. Anda juga dapat meminta bantuan kerabat atau tetangga mengawasi rumah Anda.

Bila Anda sudah selesai mempersiapkan diri untuk mudik, kini saatnya menyiapkan mobil kesayangan Anda agar kuat berjalan hingga kampung halaman. Apa saja yang harus diperhatikan?

1.       Mengganti busi mobil

Rutin mengganti busi atau menggantinya setiap 20.000 km akan menjamin mobil Anda melakukan pembakaran yang optimal, serta proses penyalaan mesin yang mudah.

 

2.       Gunakan bahan bakar sesuai kebutuhan mobil

Datsun GO dan Datsun GO+ cocok menggunakan bahan bakar dengan RON 92. Penggunaan bahan bakar yang tepat akan mengoptimalkan pembakaran dan membuat performa mobil semakin prima. Saat Anda dalam perjalanan, perhatikan pula kapan Anda harus mengisi bahan bakar kembali.

 

3.       Mengganti oli rem dan menjaga tekanan ban

Jaga kualitas pengereman mobil Anda dengan mengganti oli setidaknya 2 tahun sekali. Pastikan juga angin dalam ban Anda cukup karena bila tekanan berkurang, kendaraan bisa jadi lebih boros karena bekerja dengan lebih keras untuk menjaga mobil tetap berjalan.

 

4.       Kurangi bobot berlebih dalam mobil

Semakin banyak bawaan Anda, semakin berat pula beban mobil, dan akan makin juga kerja mesin dan tentunya akan menguras bahan bakar lebih banyak. Karena itu, ada baiknya Anda hanya membawa barang-barang yang benar-benar esensial saja ketika mudik.

 

Selain tips-tips di atas, jangan lupa untuk selalu memperhatikan keselamatan dan marka jalan ya, Risers. Bila Anda kelelahan atau membutuhkan bantuan dengan Datsun kesayangan Anda di tengah perjalanan, Anda tak perlu kuatir karena Datsun telah menyiapkan program spesial selama Ramadhan dan Lebaran 2017 yaitu “Nissan & Datsun Rest Point”, “Nissan & Datsun Mobile Siaga” dan “Nissan & Datsun Bengkel Siaga” bagi para pelanggan Nissan dan Datsun di Indonesia. Ingin tahu lebih lengkapnya, Risers? Cek artikel terkait di bawah ini ya!

 

 

-selesai-

ARTIKEL TERKAIT