ARTIKEL DATSUN

Sering menyetir di malam hari? Tentunya butuh konsentrasi lebih ya, Risers, Karena intensitas cahaya selepas petang tidak sebanyak siang hari, sehingga daya pengelihatan mata berkurang. Agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan, tentu saja sebelum menyetir ada yang harus dipersiapkan, Risers. Apa sajakah itu?

1.       Pastikan Anda Dalam Keadaan Bugar Sebelum Menyetir

Selain memastikan kondisi mobil Anda, pastikan tubuh cukup bugar sebelum menyetir, Risers. Jangan memaksakan tubuh yang lelah untuk mengemudi karena dapat menurunkan fokus Anda. Apabila Anda terlalu lelah untuk mengemudi, istirahatkan diri hingga Anda merasa lebih segar. Minum kopi sebelum menyetir juga dapat membantu Anda tetap terjaga.

 

2.       Membawa Makanan dan Minuman Ringan

Lapar dan haus dapat mendistraksi Anda dari berkonsentrasi mengemudi. Selalu siapkan makanan ringan dan minuman sebelum berkendara ya, Risers.

3.      Membawa Perlengkapan Darurat

Pastikan di mobil Anda telah tersedia ban serep, tool kit sederhana untuk membantu Anda mengganti ban, senter, dan P3K.

 

4.     Isi Daya Baterai Telepon Genggam Anda Hingga Penuh

Sebelum berkendara, coba periksa handphone dan power bank Anda, Risers. Apakah baterainya sudah terisi penuh? Aplikasi peta dalam handphone Anda akan berguna untuk mencari jalan alternatif agar Anda tidak terjebak kemacetan, atau memastikan jalur yang akan Anda lewati. Bila Anda terlanjur terjebak macet, Anda juga bisa menghibur diri dengan mendengarkan musik dari handphone. Namun, selalu ingat untuk memainkan handphone selama menyetir ya, Risers, karena akan menurunkan konsentrasi Anda terhadap jalanan. Selain untuk hiburan dan peta, handphone Anda juga berguna untuk menelepon bantuan bila terjadi sesuatu di jalan.

 

5.      Tetap Siaga

Risers,selain kecelakaan, kejahatan juga dapat mengincar Anda bila tak hati-hati. Hindari menaruh barang berharga di tempat yang terihat dari luar mobil agar tidak menarik perhatian orang yang berniat jahat. Apabila ada orang yang memberi kode bahwa mobil Anda bermasalah, jangan pula langsung turun untuk memeriksa. Terus kendarai mobil Anda hingga ke tempat ramai seperti parkiran pusat perbelanjaan, lalu periksalah keadaan mobil.

 

Meski sudah dekat tujuan, jangan menurunkan tingkat kewaspadaan Anda hingga Anda benar-benar sampai di dalam rumah, Risers. Anda dapat menyalakan lampu mobil depan untuk menerangi jalan Anda hingga aman sampai ke depan pintu rumah sembari membuka pagar untuk memarkir mobil. Datsun GO dan Datsun GO+ telah melengkapi teknologinya dengan lampu Follow Me Home yang dapat bertahan selama 30 detik untuk satu kali tarikan tuas lampu. Bila anda butuh waktu 120 detik, Anda cukup menarik tuas lampu 4 kali. Dengan cara ini, mobil lain yang hendak lewat akan memelankan kendaraannya sehingga tidak menyenggol mobil Anda, Risers.

 

Selamat berkendara, Risers. Jangan lupa untuk tetap mematuhi peraturan lalu-lintas dan marka jalan yang tersedia.

-SELESAI-

ARTIKEL TERKAIT